ADVERTISEMENT

Belum Sebulan Diresmikan, Fasilitas di Situ Rawa Kalong Sudah Ada yang Rusak

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 18:13 WIB
Situasi di Situ Rawa Kalong, Depok, Jumat (26/8/2022)-(Dwi Rahmawati/detikcom)
Tiang lampu di Situ Rawa Kalong tampak tumbang di Depok, Jumat (26/8/2022). (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Situ Rawa Kalong di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, diresmikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada 5 Agustus 2022. Belum sebulan diresmikan, fasilitas di kawasan wisata yang direvitalisasi tersebut sudah ada yang rusak.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (26/8/2022), ada tujuh penyangga panggung apung yang terlepas dari posisinya. Panggung apung tersebut terletak di sebelah barat dan bukan merupakan yang utama.

Terlihat anak-anak di sekitar lokasi berjalan di atas panggung apung tersebut. Sebagian dari mereka juga turun ke Situ untuk berenang.

Situasi di Situ Rawa Kalong, Depok, Jumat (26/8/2022)-(Dwi Rahmawati/detikcom)Situasi di Situ Rawa Kalong, Depok, Jumat (26/8/2022). (Dwi Rahmawati/detikcom)

Di bagian selatan Situ Rawa Kalong juga terlihat lampu penerangan yang terjatuh.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jawa Barat Dicky Ahmad Sidik mengatakan panggung apung di sebelah barat sudah ada dari tahun sebelumnya. Dia menduga panggung itu tak sekokoh panggung apung utama.

"Sebetulnya dari sisi materialnya beda dengan yang waktu dipakai peresmian. Mungkin dari sisi spek, memang tidak sekuat yang sekarang karena ketebalannya berbeda dan makanya kita simpan di sana tidak diperuntukkan seperti floating deck," kata Dicky.

Situasi di Situ Rawa Kalong, Depok, Jumat (26/8/2022)-(Dwi Rahmawati/detikcom)Situasi di Situ Rawa Kalong, Depok, Jumat (26/8/2022). (Dwi Rahmawati/detikcom)

Namun Dicky mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab hilangnya tiang penyangga di panggung apung itu. Dia mengatakan akan memperbaiki fasilitas yang rusak.

"Nah, itu mungkin akan saya coba cek dulu ya, barusan saya lagi nyuruh UPTD untuk mengecek ke sana itu tiang-tiangnya ke mana. Yang hilang akan di-ini (dicari tahu penyebab) dan pasti akan diperbaiki," papar Dicky.

Dia menyebut Situ Rawa Kalong masih dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Dia berharap ada dinas resmi yang mengurusi persoalan pariwisata.

"Ya, jadi sementara ini posisinya masih dikelola kita langsung. Jadi cuma kan kita bukan dinas mengurusi istilahnya pariwisata. Kita juga inginnya ada yang mengurus itu secara terpisah dari ini, supaya lebih fokus," ujarnya.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT