DPRD DKI Gelar Rapat Bamus Bahas Usul Pemberhentian Anies-Riza Pekan Depan

ADVERTISEMENT

DPRD DKI Gelar Rapat Bamus Bahas Usul Pemberhentian Anies-Riza Pekan Depan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 14:35 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan didampingi Wagub Riza Patria saat memberikan pesan untuk seluruh ASN di Pemprov DKI
Anies dan Riza (Tangkapan Layar)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta bakal menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas usulan pemberhentian Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Rapat Bamus akan digelar pekan depan

"Di-bamus-kan dulu," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi kepada wartawan, Jumat (26/8/2022).

Rapat akan digelar di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (30/8) mendatang. Dilihat detikcom, undangan rapat bamus itu diteken oleh Prasetyo beserta tiga pimpinan DPRD DKI Jakarta, yaitu Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani, Khoirudin, dan Misan Samsuri.

Prasetyo juga telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 131/2188/OTDA. Surat itu ditandatangani oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik.

Dalam surat itu, DPRD DKI Jakarta diminta mengusulkan pemberhentian Gubernur dan atau Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri dengan melampirkan risalah dan berita acara rapat paripurna DPRD Provinsi tentang pengumuman usul pemberhentian. Usul itu mesti disampaikan Mendagri paling lambat 30 hari sebelum berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wagub.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyampaikan masa jabatan Gubernur DKI Jakarta tinggal 2 bulan lagi. Hal itu disampaikan Anies setelah menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-77 RI di Plaza Monas Selatan, Jakarta Pusat.

Upacara dilaksanakan di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Anies didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajaran kepala dinas di Pemprov DKI.

Setelah menjadi inspektur, Anies pun memberikan keterangan pers. Awalnya Anies berbicara mengenai upacara HUT RI. Anies mengatakan setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk meneruskan janji kemerdekaan.

"Pada saat kita mengikuti upacara ini, menjadi peringatan bahwa kita punya tanggung jawab besar untuk meneruskan dan menuntaskan semua yang menjadi janji kemerdekaan. Dengan begitu, kegiatan upacara yang kita selenggarakan adalah sebuah pengingat untuk kita seperti pesan dalam tema 77 tahun kemerdekaan bisa bangkit lebih cepat dan insyaallah Jakarta memang bisa bangkit lebih cepat," kata Anies setelah menjadi inspektur upacara di Plaza Selatan Monas, Rabu (17/8).

Anies kemudian meminta semua pihak meneruskan perjuangan dan menunaikan semua janji kemerdekaan. Dia juga meminta untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berkontribusi untuk kemerdekaan Indonesia.

Barulah Anies menyinggung soal masa jabatannya. Anies mengatakan Gubernur DKI Jakarta akan selalu ada di Jakarta. Sedangkan masa jabatannya tinggal dua bulan lagi.

"Jadi harus diingat bahwa Gubernur selalu ada, Anies yang tugasnya tinggal 2 bulan," ujarnya.

Simak Video: Puan Masuk Radar Capres NasDem, Bakal Geser Anies-Ganjar-Andika?

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT