Geger Pemotor Tumbang gegara Speed Bump 'Dicat Zebra Cross' di Sunter

ADVERTISEMENT

Geger Pemotor Tumbang gegara Speed Bump 'Dicat Zebra Cross' di Sunter

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 08:01 WIB
Speed trap dipasang di Jl Danau Sunter Selatan untuk menggantikan speed bump yang bikin celaka dan telah dibongkar.
Speed trap dipasang di Jl Danau Sunter Selatan untuk menggantikan speed bump yang bikin celaka dan telah dibongkar. (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Pemasangan speed bump atau 'polisi tidur' di Jalan Danau Sunter Selatan, Sunter, Jakarta Utara, malah bikin celaka. Speed bump yang dicat menyerupai zebra cross membuat sejumlah pengendara motor berjatuhan.

Insiden kecelakaan sejumlah pengendara motor ini terekam video amatir warga. Dalam video terlihat ada pemotor yang sampai pingsan terbaring di median jalan, disebut-sebut akibat speed bump yang mirip zebra cross.

Para pemotor diduga 'tertipu' dengan speed bump yang dicat mirip zebra cross ini. Pengendara motor tidak memelankan kecepatan kendaraan karena mengira di depannya itu adalah zebra cross.

Tak sampai sehari, speed bump yang bikin celaka itu akhirnya dibongkar pada Kamis (25/8). Speed bump tersebut kemudian diganti speed trap.

Speed Bump Malah Bikin Celaka

Speed bump adalah alat pembatas kecepatan yang digunakan hanya pada area parkir, jalan privat, atau jalan lingkungan terbatas dengan kecepatan operasional di bawah 10 km/jam. Sejatinya, speed bump dibuat sebagai pengaman jalan untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Utara AKP Edi Wibowo mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya warga yang terjatuh pagi tadi di lokasi. Namun ia tidak memerinci apakah pemotor yang jatuh itu akibat keberadaan speed bump tersebut.

"Tadi pagi katanya ada (pemotor terjatuh di lokasi), cuma tidak dilaporkan. Jadi dia jatuh langsung bawa pulang," kata Edi saat dihubungi wartawan, Kamis (25/8/2022).

Speed Bump Dibuat demi Cegah Balap Liar

Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya mengatakan speed bump tersebut dipasang di lokasi untuk mencegah aksi balap liar yang kerap terjadi di Jalan Danau Sunter Selatan. Tapi Ilham tidak menjelaskan mengapa speed bump itu dicat hitam-putih hingga menyerupai zebra cross.

"Awal tujuannya adalah untuk pengaman balap liar, usulan bersama hasil rapat di Wali Kota," terang Ilham.

Simak video 'Polisi Nilai Speed Bump Nyaru Zebra Cross di Sunter Terlalu Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: speed bump Sunter akhirnya dibongkar.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT