Lin Che Wei Tepis Terlibat Kasus Minyak Goreng, Klaim Cuma Bantu Menteri

ADVERTISEMENT

Lin Che Wei Tepis Terlibat Kasus Minyak Goreng, Klaim Cuma Bantu Menteri

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 23 Agu 2022 18:12 WIB
Maqdir Ismail
Pengacara tersangka Lin Che Wei, Maqdir Ismail (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Lin Che Wei melalui kuasa hukumnya, Maqdir Ismail, membantah terlibat dalam kasus dugaan korupsi ekspor pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya atau minyak goreng. Lin Che Wei, kata Maqdir, hanya membantu Menteri Perdagangan, yang saat perkara itu muncul kementeriannya dipimpin M Luthfi.

Menurut Maqdir, saat itu kliennya dimintai tolong oleh Menteri Perdagangan untuk membantu mengendalikan kelangkaan minyak goreng.

Mulanya, Maqdir mengungkap saat itu Lin Che Wei dihubungi Menteri Perdagangan. Dalam pembicaraan itu, sebut Maqdir, Menteri Perdagangan itu bertanya kepada Lin Che Wei apakah masih menjadi tim asistensi.

"Dalam surat dakwaan dikesankan seolah olah Lin Che Wei bekerja sama dengan dirjen, padahal dari awal Lin Che Wei itu datang membantu itu karena ada pembicaraan menteri, menteri yang meminta dia untuk hadir untuk datang, untuk membantu karena dalam pembicaraan awal itu pertanyaan yang disampaikan menteri 'apakah kamu masih menjadi tim asistensi?' dia bilang 'iya'," kata Maqdir di Kantor IRAI, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/8/2022).

Maqdir menyebut kliennya itu akhirnya menyanggupi permintaan untuk membantu kementerian atas permintaan menteri perdagangan itu. Maqdir mengklaim adanya Permendag tentang pengaturan harga eceran tertinggi itu ada sebelum Lin Che Wei masuk sebagai tim asistensi di Kemendag.

"Dengan permintaan itu bisa dibuktikan bahwa Lin Che Wei ini bertindak membantu kementerian atas permintaan menteri sebagai anggota tim asistensi," kata Maqdir.

"Bukan saya bermaksud untuk menarik-narik menteri perdagangan, kalau kita lihat keputusan-keputusan Permendag, khususnya berkenaan dengan pengaturan harga eceran tertinggi itu kan Lin Che Wei belum masuk, belum ada di situ ketika itu, tetapi sudah diputuskan oleh menteri," sambungnya.

Kemudian, Maqdir berbicara tentang motif seseorang didakwa melakukan korupsi. Kata Maqdir, kliennya itu dalam kasus ini tidak mempunyai motif selain membantu Menteri Perdagangan yang meminta tolong mengendalikan kelangkaan minyak goreng.

"Sekali lagi, saya tidak tahu perbuatannya yang riil, karena kalau menurut saya, orang bisa didakwa melakukan korupsi itu harus dilihat motifnya, Lin Che Wei ini tidak punya motif selain dari mau membantu menteri perdagangan yang meminta tolong, bagaimana mengendalikan, cara mengendalikan persoalan kelangkaan minyak goreng," ujarnya.

"Dalam hal ini, terus terang setelah membaca lumayan banyak dokumen terkait perkara ini, begitu juga keterangan Che Wei, dia itu motifnya adalah membantu menteri perdagangan yang sedang mengalami kesusahan dan kesulitan sebagai akibat dari adanya kelangkaan minyak goreng," katanya.

Diketahui, berkas kasus korupsi kelangkaan minyak goreng kini di tangan Pengadilan Tipikor Jakarta. Sejumlah nama siap disidangkan, salah satunya Lin Che Wei.

Simak halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Siasat Lin Che Wei di Korupsi Minyak Goreng yang Bikin Heran':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT