Megawati Sudah Temui Jokowi Serahkan Nama Pengganti Tjahjo Kumolo

ADVERTISEMENT

Megawati Sudah Temui Jokowi Serahkan Nama Pengganti Tjahjo Kumolo

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 21 Agu 2022 12:46 WIB
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) menyampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu, Megawati disebut menyerahkan nama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

"Ya nama-nama kan Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan dan dalam dialog itu kan juga dibahas hal-hal yang lain," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Hasto menambahkan, selain soal nama pengganti Tjahjo, Megawati membicarakan soal konsolidasi demokrasi dan agenda menjelang Hari Pahlawan 10 November. "Hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana di dalam konsolidasi demokrasi ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, agenda apa saja dalam rangka 10 November Hari Pahlawan, semua dibahas dengan baik antara Ibu Mega yang bertemu Pak Jokowi di Istana Negara," sambungnya.

Hasto menerangkan, Megawati memang telah menyerahkan nama-nama kader PDIP ke Jokowi. Namun, menurut Hasto, keputusan pengganti Tjahjo Kumolo tetap ada di tangan Jokowi.

"Ya nama-nama nanti Bapak Presiden Jokowi yang akan mengumumkan sesuai dengan kewenangan beliau, hak prerogratif beliau, tetapi nama-nama sudah disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, karena kita ini kan taat asas, ada nama-nama yang disampaikan dan kemudian Presiden Jokowi yang mengambil keputusan atas nama yang disampaikan," ujarnya.

Saat ditanya apakah Gubernur Sulawesi Utara sekaligus Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey yang akan mengisi kursi MenPAN-RB, Hasto tak menjawab gamblang. Dia hanya menyebut nama-nama yang diserahkan Megawati kepada Jokowi adalah kader-kader PDIP yang berprestasi.

"Pokoknya nama-nama kader PDIP yang berprestasi, ya banyak," ujarnya.

"Bukan saya," canda Hasto saat ditanya tiga nama yang diserahkan Megawati.

Sebelumnya, Istana menyatakan posisi MenPAN-RB yang kini kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia merupakan alokasi untuk PDIP. Istana mengatakan Presiden Jokowi bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).

Pramono tak membeberkan nama-nama calon MenPAN-RB itu. Dia mengatakan pengisian jabatan menteri sepenuhnya kewenangan Presiden.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut," ujar dia.

Dia mengatakan MenPAN-RB pengganti Tjahjo itu nantinya bakal dilantik langsung tanpa adanya pengenalan. Dia berharap acara pelantikan dapat segera digelar.

"Tentu tergantung kesepakatan yang ada. Mudah-mudahan nggak terlalu lama," ujar Pramono.

(whn/fca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT