ADVERTISEMENT

Reshuffle yang Akan Dijalankan Jokowi Diprediksi Sebatas Lantik MenPAN-RB

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 09:19 WIB
Perombakan Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan hari ini. Agenda tersebut dilaksanakan siang ini, Rabu (15/6/2022) di Istana Negara, Jakarta.
Kabibet Indonesia Maju (presidenri.go.id)
Jakarta -

Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini menyebut ada kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. Peneliti politik menilai Jokowi hanya akan melantik Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

"Problemnya, kan, yang dimaksud reshuffle oleh Faldo itu hanya ganti MenPAN-RB atau ada menteri yang lain? Kalau yang dilantik cuma pengganti MenPAN-RB, itu bukan reshuffle namanya. Tapi pergantian biasa saja," kata Direktur Parameter Politik Adi Prayitno saat dihubungi, Jumat (19/8/2022).

Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah itu tidak yakin Jokowi akan me-reshuffle kabinetnya dalam waktu dekat. Menurutnya, ada beberapa perhitungan yang dipertimbangkan oleh Jokowi.

"Reshuffle itu merujuk pada pergantian menteri aktif yang berkinerja buruk. Dalam konteks ini, saya ragu ada reshuffle. Sekarang masuk tahun politik, Jokowi pastinya berhitung betul efek risiko bongkar pasang kabinet di tahun politik," katanya.

"Paling yang dimaksud reshuffle oleh Faldo itu hanya sebatas pergantian MenPAN-RB, bukan mengganti menteri aktif," katanya.

Menurut Adi, posisi MenPAN-RB telah lama kosong sejak Tjahjo Kumolo meninggal pada 1 Juli 2022. Seharusnya pelantikan MenPAN-RB yang baru dilaksanakan dalam waktu dekat.

"(Kosong) kelamaan. Sementara banyak tugas yang mesti disegerakan. Maksimal bulan ini sudah pelantikan," katanya.

Faldo Bicara Reshuffle

Faldo Maldini menyebut Presiden Jokowi bisa melakukan reshuffle kabinet jika dibutuhkan. Faldo mengatakan ada pos menteri yang masih kosong.

"Semuanya sangat memungkinkan. Apalagi masih ada pos menteri yang masih kosong hingga hari ini. Ya pasti akan diisi. Pasti ada reshuffle," kata Faldo saat dimintai konfirmasi, Kamis (18/8/2022). Pernyataan Faldo merupakan penjelasan soal pernyataan Jokowi yang mengatakan reshuffle masih mungkin dilakukan.

Faldo Maldini mengatakan pidato Jokowi beberapa waktu lalu menekankan pentingnya melompat lebih tinggi dalam hal kemajuan bangsa. Faldo menyebut Jokowi butuh tim yang cakap.

"Kita sudah mendengar pidato Presiden kemarin, berbagai kemajuan dapat dicapai, tentu butuh tim yang mampu mempertahankan, bahkan membawa lompatan lebih tinggi," ujar dia.

Faldo menegaskan reshuffle hak Jokowi dan pastinya sudah diperhitungkan. Faldo mengatakan permasalahan global butuh solusi.

"Presiden tentu sudah punya hitungan. Menghadapi berbagai ketidakpastian global, krisis pangan, dan energi menjadi perhatian. Butuh solusi untuk itu, maka perombakan pun dapat dilakukan bila dibutuhkan," ujar Faldo.

Simak Video: Faldo: Ada Kursi Menteri Kosong, Peluang Reshuffle Kabinet Terbuka

[Gambas:Video 20detik]




(aik/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT