Puan soal Olly Dondokambey Menguat Jadi MenPAN-RB: Ya Nggak Ya?

ADVERTISEMENT

Puan soal Olly Dondokambey Menguat Jadi MenPAN-RB: Ya Nggak Ya?

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 21 Agu 2022 10:36 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Puan Maharani (Dok. DPR)
Jakarta -

Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Kabinet Indonesia Maju masih kosong setelah Tjahjo Kumolo tutup usia. Nama Olly Dondokambey menguat sebagai kandidat pengganti Tjahjo. PDI Perjuangan (PDIP) mengaku sudah mengantongi nama pengganti Tjahjo.

"Sudah pasti ada nama-nama calonnya," kata Ketua DPP RI Puan Maharani di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Puan mengatakan sejatinya nama-nama pengganti almarhum Tjahjo merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Dia pun meminta publik menunggu pengumuman resminya.

"Tapi itu hak prerogatif Presiden. Jadi kita tunggu saja pengumuman dari Presiden," ujar Puan.

Saat ditanya apakah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang akan mengisi kursi MenPAN-RB, Puan enggan menjawabnya. Namun yang pasti, menurut Puan, nama itu akan membuat publik terkejut.

"Ya nggak ya?" kata Puan.

"Ya nanti kita lihat pas diumumin, pasti bikin kejutan," ujar Puan menjawab lagi pertanyaan soal kebenaran Olly Dondokambey bakal mengisi kursi MenPAN-RB.

Jawaban serupa juga disampaikan Puan soal peluang Djarot Saiful Hidayat untuk mengisi kursi MenPAN-RB. "Ya nggak ya? Ha-ha-ha...," kata Puan.

Sebelumnya, Istana menyatakan posisi MenPAN-RB yang kini kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia merupakan alokasi untuk PDIP. Istana mengatakan Presiden Jokowi bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).

Pramono tak membeberkan nama-nama calon MenPAN-RB itu. Dia mengatakan pengisian jabatan menteri sepenuhnya kewenangan Presiden.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut," ujar dia.

Dia mengatakan MenPAN-RB pengganti Tjahjo itu nantinya bakal dilantik langsung tanpa adanya pengenalan. Dia berharap acara pelantikan dapat segera digelar.

"Tentu tergantung kesepakatan yang ada. Mudah-mudahan nggak terlalu lama," ujar Pramono.

Simak Video 'Faldo: Ada Kursi Menteri Kosong, Peluang Reshuffle Kabinet Terbuka':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT