ADVERTISEMENT

Penembakan Kucing di Sesko TNI: Pelaku dan Motif Terungkap

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 17:33 WIB
Penembakan kucing di Sesko TNI sempat menghebohkan dunia maya. Sebuah video viral menunjukkan penemuan bangkai kucing di wilayah Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat.
Penembakan Kucing di Sesko TNI: Motif dan Pelaku (Foto: Tangkapan Layar Video)
Jakarta -

Kejadian penembakan kucing di Sesko TNI sempat menghebohkan dunia maya. Sebuah video viral menunjukkan penemuan bangkai kucing yang mati di wilayah Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat.

Lantas, bagaimana peristiwa penemuan bangkai kucing tersebut? Siapa pelaku penembakan kucing di Sesko TNI Bandung? Berikut informasi selengkapnya.

Peristiwa Penembakan Kucing di Sesko TNI

Masyarakat digegerkan dengan penemuan kucing-kucing yang mati akibat ditembaki di area Sesko TNI, Jalan R.A.A Martanegara, Bandung, Jawa Barat. Peristiwa tersebut direkam oleh salah satu rumah singgah hewan terlantar.

"Bantu share atau mention pihak terkait. Kucing-kucing ditemukan mati ditembak, lokasi di Sesko TNI Martanegara, Bandung. Ada yang tahu? Siapa pelakunya ini, kok tega banget kucing ditembak-tembak seperti ini. Kejadian sore ini tanggal 16 Agustus 2022. Satu Kucing saat ibu mau di X-ray, untuk memastikan luka tembak dan peluru di badan kucing. Help Pak @ridwankamil bapak @jenderaltniandikaperkasa @rizky_irmansyah @nathasatwanusantara @christian_joshuapale @deasyfebry @jakartaanimalaidnetwork @femkemonita," tulis pengunggah, dikutip detikcom, Kamis (18/8/2022).

Dari video yang diunggah, terlihat empat bangkai kucing telah dievakuasi oleh perekam.

"Ini pelurunya nyangkut ini di kepala ini. Luar biasa manusia kaya begitu," kata perekam.

Penembakan kucing di Sesko TNI sempat menghebohkan dunia maya. Sebuah video viral menunjukkan penemuan bangkai kucing di wilayah Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat.Penembakan kucing di Sesko TNI menghebohkan dunia maya. Sebuah video viral menunjukkan penemuan bangkai kucing di wilayah Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Perintahkan Usut Pelaku

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan pihaknya akan melakukan penelusuran untuk mencari tahu kebenaran dari informasi tersebut.

"Saya telusuri sekarang. Saya sudah perintahkan tim hukum untuk telusuri berita di atas," tegas Andika, dikutip detikcom, Kamis (18/8/2022).

Pelaku Penembakan Kucing di Sesko TNI: Brigjen NA

Setelah dilakukan pengusutan atas perintah Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa, pihak TNI mengungkapkan pelaku penembakan kucing-kucing tersebut. Diketahui pelaku penembakan adalah jenderal bintang satu, Brigjen NA.

"Menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kemarin siang (Rabu 17 Agustus 2022) untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI, Bandung, tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/8/2022).

Prantara menyebutkan jika Brigjen NA menembak kucing-kucing itu dengan senapan angin miliknya. Penembakan dilakukan Selasa (16/8/2022) siang waktu setempat.

"Menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin (16 Agustus 2022), sekitar jam 13.00 WIB," ujar Prantara.

Motif Brigjen NA Tembaki Kucing-kucing

Brigjen NA mengakui alasannya menembaki kucing-kucing di wilayah Sesko TNI. Ia mengatakan maksudnya melakukan hal tersebut adalah untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal Sesko TNI.

"Berdasarkan pengakuannya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan & kenyamanan di lingkungan tempat tinggal / tempat makan Perwira Siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Dapat dipastikan, motif penembakan bukan karena kebencian terhadap kucing.

"Dan bukan karena kebencian terhadap kucing," imbuh Prantara.

Brigjen NA Dijerat Pasal Berlapis

Pelaku penembakan kucing di Sesko TNI, Brigjen NA dijerat pasal berlapis. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa menyebutkan bahwa Brigjen NA terancam Pasal 66 UU Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Juga Pasal 66A, Pasal 91B UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT