ADVERTISEMENT

Kapan Pelantikan MenPAN Pengganti Tjahjo Kumolo? Ini Kata Kasetpres

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 15:51 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Jadwal pelantikan MenPAN-RB baru pengganti Tjahjo Kumolo sampai saat ini belum diumumkan. Apakah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik menteri baru pada Agustus ini?

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono belum memberikan penjelasan mengenai kapan pelantikan MenPAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo. Heru lantas berbicara mengenai jadwal Jokowi dalam beberapa waktu terakhir.

"Pertama karena kesibukan beliau, Bapak Presiden. Kemarin juga baru pergi ke Beijing, Tokyo, Seoul, mempersiapkan materi dan lain-lain. Berikutnya, sebelumnya ke Eropa. Baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, mempersiapkan pidato kenegaraan. Mudah-mudahan beliau sempat untuk bisa memilih menteri yang memang sudah akan dipilih Bapak Presiden," kata Heru.

Heru mengatakan penunjukan MenPAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo merupakan kewenangan Jokowi. Dia menyerahkan sepenuhnya mengenai pelantikan menteri baru ke Jokowi.

"Saya nggak ngikutin. Tapi yang jelas sudah ada di beliau. Dan ini ranah Pak Mensesneg dan Pak Seskab. Doain ada waktu untuk beliau bisa," imbuh Heru.

Sebelumnya, Istana menyatakan posisi MenPAN-RB yang kini kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia merupakan alokasi untuk PDIP. Istana mengatakan Presiden Jokowi bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).

Pramono tak membeberkan nama-nama calon MenPAN-RB itu. Dia mengatakan pengisian jabatan menteri sepenuhnya kewenangan Presiden.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut," ujar dia.

Dia mengatakan MenPAN-RB pengganti Tjahjo itu nantinya bakal dilantik langsung tanpa adanya pengenalan. Dia berharap acara pelantikan dapat segera digelar.

"Tentu tergantung kesepakatan yang ada. Mudah-mudahan nggak terlalu lama," ujar Pramono.

Lihat juga video 'Jokowi Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih dalam Proses':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT