ADVERTISEMENT

Istana: MenPAN-RB Alokasi untuk PDIP

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 15:48 WIB
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung
Pramono Anung (Foto: dok. Humas Setkab)
Jakarta -

Istana menyatakan posisi MenPAN-RB yang kini kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia merupakan alokasi untuk PDIP. Istana mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Pramono mengatakan Megawati baru saja pulang dari luar negeri setelah menghadiri wisuda dari anak Ketua DPR Puan Maharani. Dia menyebut pembahasan posisi MenPAN-RB bakal segera dilakukan.

"Sehingga waktunya dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada," ujar Pramono.

Pramono tak membeberkan nama-nama calon MenPAN-RB itu. Dia mengatakan pengisian jabatan menteri sepenuhnya kewenangan Presiden.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut," ujar dia.

Dia mengatakan MenPAN-RB pengganti Tjahjo itu nantinya bakal dilantik langsung tanpa adanya pengenalan. Dia berharap acara pelantikan dapat segera digelar.

"Tentu tergantung kesepakatan yang ada. Mudah-mudahan nggak terlalu lama," ujar Pramono.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT