ADVERTISEMENT

Saat Paskibra Larangan Tangerang Becek-becekan di Upacara HUT RI

Khairul Ma'arif - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 14:33 WIB
Paskibra Larangan Tangerang Becek-becekan
Paskibra Larangan Tangerang becek-becekan (Foto: dok. Kecamatan Larangan)
Jakarta -

Sebuah video viral di media sosial menampilkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, becek-becekan saat upacara HUT ke-77 RI di Kantor Kecamatan Larangan. Tim Paskibra tetap melakukan tugasnya mengibarkan bendera meski kondisi lapangan becek.

Dilihat detikcom, Rabu (17/8/2022), video itu memperlihatkan tim Paskibra yang menggunakan baju dan bawahan serbaputih kotor lantaran dia melakukan baris berbaris dan mengibarkan bendera di sebuah lapangan yang becek. Setelan yang sebelumnya putih itu berubah menjadi cokelat kotor lantaran terciprat air dan tanah di lapangan itu.

Dinarasikan video itu terjadi di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Camat Larangan Gunawan Priahutama membenarkan video viral itu.

Paskibra Larangan Tangerang Becek-becekanPaskibra Larangan Tangerang becek-becekan (Foto: dok. Kecamatan Larangan)

Gunawan mengatakan dia menggelar upacara HUT ke-77 RI itu di Lapangan Stadion Mini Larangan Indah. Gunawan mengatakan lapangan itu memang becek tergenang air.

Adapun peserta upacara adalah puluhan siswa dan ketua RT dan RW se-Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Meski kondisi lapangan becek, itu tidak menyurutkan semangat tim Paskibra dan peserta upacara.

"Betul. Saya di lokasi sebagai inspektur upacara," kata Gunawan saat dimintai konfirmasi perihal video viral itu.

Menurutnya, memang kondisi lapangan becek tergenang air, tetapi tidak berlumpur. Ini dikarenakan turunnya hujan di wilayah tersebut pada malam hari sebelumnya.

Ia menuturkan sebenarnya saat pagi tadi pihaknya sudah melakukan upaya penyedotan air di lapangan tersebut. Namun, hingga pukul 08.00 WIB, air belum bisa dikeringkan.

"Becek air, tidak berlumpur. Airnya agak keruh karena terinjak petugas Paskibra. Tadi malam hujan. Sejak pagi sudah kita upayakan menyedot air di lapangan dengan minta bantuan mobil Damkar dan mobil tangki Dinas Pertamanan. Akhirnya upacara dimulai dengan kondisi masih ada sisa air tergenang," ungkapnya.

Meski begitu, Gunawan menegaskan prosesi jalannya upacara tetap berlangsung secara khidmat. Rangkaian kegiatan upacara ini juga berlangsung dengan lancar.

"Prosesinya berjalan lancar. Para peserta upacara dan petugas upacara mengikuti dengan serius dan sesuai urutan sebagaimana upacara 17 Agustus," tuturnya.

Gunawan menjelaskan pihaknya tidak mungkin pindah tempat upacara. Hal ini karena sudah sejak dua minggu lalu lapangan tersebut dipersiapkan untuk upacara peringatan HUT ke-77 RI.

"Sudah tidak ada waktu pindah lokasi. Lapangan itu sudah dipersiapkan selama 2 minggu sebelumnya. Baru tahu kondisi tergenang air tadi malam ketika turun hujan," ucap Gunawan.

Paskibra Larangan Tangerang Becek-becekanPaskibra Larangan Tangerang becek-becekan (Foto: dok. Kecamatan Larangan)

Gunawan menegaskan tidak ada satu pun petugas Paskibra yang mengurungkan niatnya bertugas meski kondisi lapangannya becek tergenang air. Dia menyebut semangat tim Paskibra Kecamatan Larangan patut dicontoh.

"Tidak ada (petugas Paskibra yang mundur bertugas). Mereka sangat berdedikasi sekali. Kader bangsa yang patut dicontoh oleh seluruh pemuda Indonesia," tuturnya.

"Menjalankan tugas dengan sangat baik sekali (petugas Paskibra). Saya salut, bangga, dan respek sekali kepada daya juang dan dedikasi mereka," imbuh Gunawan.

Lihat video 'Momen Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT