ADVERTISEMENT

"Common Sense" Ishadi SK

Presiden Jokowi Bicara tentang Kekuatan RI

Ishadi SK - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 14:26 WIB
ishadi sk
Ishadi SK (Ilustrasi: istimewa)
Jakarta -

Tanggal 16 Agustus 2022 telah berlangsung sidang tahunan MPR tahun 2022. Pada kesempatan itu hadir semua pejabat kabinet Indonesia, Presiden Jokowi hadir menggunakan pakaian adat Bangka Belitung. Jokowi memilih langsung 3 dari sekian banyak pakaian adat Paksian dan Bangka Belitung.

Warna dari pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung berwarna hijau terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka, lengkap dengan penutup kepala bernama sungkup. Pemanis dari pakaian adat juga tidak ketinggalan dengan hiasan motif pucuk rebung.

Berdasarkan informasi yang didapat dari detikcom, baju adat yang digunakan Pak Jokowi diperoleh dari perajin lokal Bangka Belitung. Pada sidang tahun 2022 Jokowi menyampaikan beberapa hal penting bagi Indonesia dan global, demikian juga tantangan berbagai negara dan dunia saat ini.

Di awal pidato Jokowi langsung mengungkap bagaimana situasi dunia saat ini. Dia menyebut krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit.

Jokowi mengatakan berbagai ancaman belum sepenuhnya selesai ditambah lagi dengan perang di Ukraina yang menimbulkan krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan yang tidak terhindarkan lagi. Jokowi mengungkap bahwa ada 107 negara terdampak krisis sebagai bagian di perkotaan jatuh bangkrut.

"Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa kekurangan pangan dan kelaparan."

Ia juga menyebutkan dengan bangga dari sisi Indonesia mampu mengelola pandemi dengan baik. Itu berarti Indonesia dipastikan mengelola agenda agenda besar lainnya dengan baik.

"Kekuatan kedua Indonesia adalah, sumber daya alam yang melimpah, wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia yang dipastikan menjadi kekuatan besar Indonesia jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan."

Kekuatan ketiga kita adalah bonus demografi. Jumlah penduduk yang besar dan didominasi oleh anak anak muda usia produktif, serta daya beli masyarakat yang terus meningkat, akan menjadi motor penggerak perekonomian nasional dalam menghadapi kompetisi global."

Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Indonesia diterima negara besar walau geopolitik sedang panas. Indonesia juga dipercaya PBB sebagai champion and global crisis response group, untuk penanganan krisis global.

Tahun 2022 ini kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia.

Tahun depan menjadi ketua ASEAN, artinya berada di puncak kepemimpinan global dan berkesempatan besar untuk membangun kerjasama internasional.

Jokowi juga berharap pembangunan ibukota nusantara di Kalimantan yang akan menjadi Ibu Kota baru, harus dijaga keberlanjutannya. Dalam himbauan yang dikatakan oleh Jokowi bahwa IKN bukan hanya untuk para ASN tetapi juga para inovator dan para wirausahawan. Jokowi menegaskan IKN bukan kota biasa tetapi kota rimba dengan pendidikan dan kesehatan kelas dunia.

Kawasan inti pusat pemerintahan memang dibangun oleh APBN, tapi selebihnya 80 persen investasi swasta diundang untuk berpartisipasi.

Jelang HUT-77 Jokowi juga akan hadir dengan pakaian adatnya berdasarkan informasi di pemberitaan. Jokowi sudah mempersiapkan baju adat yang akan digunakan pada upacara HUT RI 17 Agustus 2022. Sudahkah Anda memperkirakan pakaian apa yang akan digunakan oleh Presiden Jokowi pada 17 Agustus 2022? Saya sendiri tidak bisa menebaknya.

(Pak Jokowi ternyata menggunakan pakaian adat Buton Sulawesi Tenggara)

Ishadi SK Komisaris TransMedia

(mmu/mmu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT