ADVERTISEMENT

Jelang HUT RI, Pesawat Tempur TNI Gelar Geladi Bersih Bentuk Formasi 77

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 15:31 WIB
Pesawat tempur F-16 dan helikopter Apache dan Puma membentuk formasi 77 saat gladi resik di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (15/8).
Geladi bersih pesawat tempur TNI membentuk formasi 77 untuk peringatan HUT RI (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

TNI Angkatan Udara (AU) melaksanakan geladi bersih demo udara untuk memperingati HUT RI yang ke-77. Acara dilaksanakan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur hari ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (15/8/2022), pukul 09.25 WIB, terlihat sebanyak 18 pesawat tempur jenis F-16 terparkir di lapangan. Sesaat setelah pilot memasuki pesawat, pukul 09.40 WIB satu per satu pesawat lepas landas.

Selain itu, TNI Au melakukan geladi pengibaran bendera Merah Putih oleh dua helikopter di sana. Gladi selesai pada pukul 11.40 WIB.

Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan latihan tersebut dilakukan untuk persiapan demo di HUT RI yang ke-77 pada Rabu (17/8) besok. Nantinya sebanyak 16 pesawat tempur dengan penerbang dari berbagai skuadron yang tergabung dalam Tim Garuda akan membentuk angka 77 dan melintasi Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Demo udara ini bagi kami TNI dan Polri, ini suatu kebanggaan, khususnya bagi TNI AU, ini suatu kehormatan dan juga kebanggaan bahwa kami dipercaya kembali untuk melaksanakan demo udara dalam bentuk yang pertama flight pass 16 pesawat F-16 yang membentuk angka 77 melintas di atas Istana Negara," kata Indan di lokasi gladi, Senin (15/8/2022).

Indan mengatakan, dalam aksi tersebut, diperlukan akurasi dan keterampilan bagi untuk membentuk angka 77. Selain itu, nantinya pesawat akan melintas dengan kecepatan 300 knot dengan ketinggian 1.800-2.000 kaki. Hal tersebut juga menjadi tantangan menilai di wilayah Jakarta sendiri banyak berdiri gedung pencakar langit.

"Tentu flight pass itu menuntut akurasi dalam bentuk, ini angkanya 77 ya. Itu seakan terlihat mudah padahal perlu latihan dan juga tingkat keterampilan tertentu untuk bisa melaksanakan itu," kata dia.

"Pada saat melintas ditentukan waktunya. Jadi mereka melintas dengan kecepatan 300 knot, mereka harus menghitung dengan detil, kemudian Jakarta dengan cuaca seperti ini memerlukan kehati-hatian. Adanya obstacle, mereka harus terbang di ketinggian 1.800-2.000 feet, di Jakarta saat ini sudah mencapai 1.500 feet," sambungnya.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan juga 'Jokowi Ajak Warganet Tebak Pakaian Adat di HUT Ke-77 RI':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT