ADVERTISEMENT

Anggaran Jakarnaval 2022 Capai Rp 5,4 Miliar

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 23:42 WIB
Jakarnaval 2022 Resmi Dibuka, Begini Kemeriahannya
Foto: Suasana Jakarnaval 2022 di sirkuit Formula E (Pradita Utama/detik)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan event Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) atau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Event parade seni budaya itu menelan anggaran hingga Rp 5,4 miliar.

"Anggarannya Rp 5,4 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Andhika Permata di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (14/8/2022).

Andhika menuturkan Jakarnaval digelar dengan kekayaan intelektual nusantara yang ditampilkan oleh anak muda Jakarta. Ditambah lagi, acara ini digelar di arena berskala internasional.

"Bagaimana karnaval ini ada di sebuah arena yang berstandar internasional, kemudian nanti bagaimana kami menghadirkan satu kekayaan intelektual nusantara yang dikerjakan oleh anak-anak muda Jakarta yang dipersembahkan untuk dunia," ujarnya.

Di samping itu, tujuan dipilihnya sirkuit Formula E sebagai venue untuk menghidupkan kembali lokasi wisata berbasis kebudayaan.

"Kami perlu mengaktivasi berbagai macam venue yang ada di Jakarta dengan event tourism based atau culture based," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, rangkaian kegiatan Jakarnaval ini telah berlangsung sejak Jumat (5/8) di Pasar Seni Ancol dengan Talk Show Road to Jakarnaval bertemakan Pariwisata Urban.

Sementara itu, jadwal puncak acara karnaval dilaksanakan pada Minggu, 14 Agustus 2022 di Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta, Ancol.

Rangkaian acara karnaval diisi oleh parade kendaraan hias, drama musikal, marching band dan penampilan menarik dari komunitas pegiat seni budaya di Jakarta. Setelahnya akan ada penampilan sederet artis ternama, seperti Armada Band, Lyodra, serta Juicy Luicy.

Acara puncak Jakarnaval gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Kendati begitu, pengunjung yang hadir menyaksikan di lokasi tetap membeli tiket masuk ke ara Ancol Taman Impian sesuai dengan tarif reguler yang ditetapkan oleh pengelola.

Sejak gelaran pertama pada tahun 1999, kegiatan Jakarnaval menjadi parade karnaval tahunan terbesar di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai ajang selebrasi kreativitas dari berbagai unsur komunitas dan latar belakang yang selama ini menjadi bagian dari denyut nadi Jakarta. Kegiatan ini juga semakin mengokohkan Jakarta sebagai kota yang memiliki banyak komunitas yang berani bertekad untuk masa depan dengan semangat optimisme, kebersamaan, dan kreativitas.

(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT