ADVERTISEMENT

Saksi Cerita Detik-detik Mobil Hias Jakarnaval Terbakar di Sirkuit Formula E

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 23:30 WIB
Mobil hias Jakarnaval terbakar
Foto: Mobil hias Jakarnaval 2022 terbakar (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran mobil hias terjadi saat perhelatan Jakarnaval 2022 di Ancol, Jakarta Utara. Pengunjung sempat melihat aksi pengisi acara menyalakan flare atau kembang api sebelum akhirnya mobil terbakar.

Salah satu pengunjung asal Jakarta Barat, Rian (28) awalnya melihat mobil hias bergerak mendekati area panggung hiburan yang menghadap tribun penonton. Saat itu, beberapa orang tampak menaiki mobil hias sambil membawa kembang api.

Saat itulah insiden kebakaran terjadi. Api yang berasal dari kembang api langsung menjalar dan membakar mobil hias beserta propertinya.

"Tepat di depan panggung dia nyalain api terus mobilnya terus sambil jalan menjauhi panggung tiba-tiba insiden kebakaran terjadi," kata Ria saat ditemui detikcom di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (14/8/2022).

Sontak Rian pun terkejut dan langsung meninggalkan lokasi acara bersama dua orang rekannya. Dia mengaku bersyukur insiden itu terjadi di penghujung acara, sehingga tak banyak pengunjung berada di lokasi.

"Saya kaget, langsung ninggalin acara. Saya lihat banyak kepulan asap. Untunya itu di momen penutupan acara, kalau ditengah-tengah tentu akan mengecewakan," ujarnya.

Menurutnya, penyebab api cepat menjalar karena banyaknya properti atau hiasan mobil yang bermaterial cepat terbakar.

"Mobilnya aja ada komponen yang mudah terbakar, contohnya kayak triplek, sterofoam, itu kan mudah kesulut api," ucapnya.

Pengunjung asal Bekasi, Sandy (22) juga melihat atraksi kembang api atau flare sebelum kebakaran itu terjadi. Ketika mobil bergerak menjauhi area panggung, kata dia, api semakin membesar.

"Tadi saya lihat api tiba-tiba menyala pada bagian material hiasan mobil parade terakhir. Tak lama kemudian petugas pemadam pakai motor membawa apar berusaha memadamkan api. Api berhasil dipadamkan," jelasnya.

"Sebelum terbakar memang ada atraksi kembang api atau flare," tambahnya.

Pengunjung lainnya asal Jakarta Barat, Selena (29) mengatakan dirinya sedang duduk di tribun penonton dekat area panggung utama sehingga jauh dari lokasi kebakaran. Akan tetapi, ia tetap terlihat kepulan asap dari kejauhan.

Dia menyebut mobil parade yang terbakar adalah pertunjukan terakhir sebelum penutupan.

"Tadi lihat sih aku. Awalnya aku liat asap ngepul di tengah, ternyata yang terbakar mobil hias parade yang terakhir. Lihat pas asap aja, karena belum sampai ke tribun penonton saya. Saya kebetulan tribun dekat panggung utama," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, satu unit mobil hias yang digunakan untuk parade Jakarnaval 2022 terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi di dalam trek Formula E atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) tepat setelah parade Jakarnaval selesai.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (14/8/2022) kebakaran terjadi sekitar pukul 18.43 WIB. Mulanya mobil hias itu dipakai untuk parade pertunjukan terakhir dalam event Jakarnaval 2022.

Mobil itu sempat memunculkan kembang api sebagai tanda penutup acara. Tak lama setelah itu, api mulai menjalar saat mobil hias berjalan menjauhi area panggung.

Hingga akhirnya api membakar seluruh mobil tepat setelah pembawa acara menutup acara parade. Api berhasil dipadamkan oleh petugas menggunakan APAR dalam waktu cepat.

(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT