ADVERTISEMENT

Satu Mobil Hias Parade Jakarnaval Terbakar di Sirkuit Formula E

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 19:03 WIB
Mobil hias Jakarnaval terbakar
Mobil hias Jakarnaval terbakar (Foto: Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Satu unit mobil hias yang digunakan untuk parade Jakarnaval 2022 terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi di dalam trek Formula E atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) tepat setelah parade Jakarnaval selesai.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (14/8/2022) kebakaran terjadi sekitar pukul 18.43 WIB. Mulanya mobil hias itu dipakai untuk parade pertunjukan terakhir dalam event Jakarnaval 2022.

Mobil itu sempat memunculkan kembang api sebagai tanda penutup acara. Tak lama setelah itu, api mulai menjalar saat mobil hias berjalan menjauhi area panggung.

Hingga akhirnya api membakar seluruh mobil tepat setelah pembawa acara menutup acara parade. Api berhasil dipadamkan oleh petugas menggunakan APAR dalam waktu cepat.

Saat ini sebanyak 1 unit mobil pemadam kebakaran berada di lokasi kebakaran untuk melakukan pendinginan. Asap berwarna hitam masih mengepul di area lokasi. Untungnya, tak banyak pengunjung yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membuka acara Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Cirkuit (JIEC) atau sirkuit Formula E, hari ini. Acara ini kembali digelar di Jakarta setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19.

Pantauan detikcom di depan trek Formula E pada Minggu (14/8), acara dimulai sejak pukul 17.20 WIB. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh penyanyi Lyodra. Selanjutnya, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan drama musikal hingga parade ondel-ondel yang diiringi alunan gambang kromong.

Tampak ratusan warga menyaksikan acara Jakarnaval pada hari ini. Tak jarang pula mereka turun dari kursi tribun untuk mendekat ke area trek Formula E melihat langsung penampilan. Setelahnya, warga diajak menyaksikan atraksi sepatu roda, pameran mobil hias hingga marching band dari kru Dunia Fantasi (Dufan) hingga SMK Pelayaram Jakarta Raya.

Ahmad Riza Patria mengatakan kedatangannya kali ini mewakili Gubernur Anies Baswedan yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain. Dalam sambutannya, Riza berharap Jakarnaval ini dapat menjaga seni dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

"Saya mewakili Pak Gubernur yang kebetulan tidak bisa hadir ada kegiatan lain, atas nama Pemprov kami menyambut baik dan bersyukur kegiatan Jakarnaval yang selalu kita hadirkan setiap tahun, ingin menghadirkan berbagai seni dan budaya, kreasi dari pada kita semua dan untuk kita juga," kata Riza dalam sambutannya di lokasi.

Riza menjelaskan Jakarnaval tahun ini mengusung tema Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia'. Orang nomor dua di Jakarta itu berharap acara ini mampu memberikan dampak positif, khususnya dalam menumbuhkan kepedulian serta kecintaan terhadap seni budaya.

Simak Video 'Alasan Jakarnaval Digelar di Sirkuit Formula E':

[Gambas:Video 20detik]




(taa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT