ADVERTISEMENT

Wagub DKI Buka Jakarnaval 2022, Ada Parade Ondel-ondel hingga Drama Musikal

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 18:46 WIB
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membuka acara Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Cirkuit (JIEC) atau sirkuit Formula E, hari ini. Acara ini kembali digelar di Jakarta setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19.

Pantauan detikcom di depan trek Formula E pada Minggu (14/8/2022), acara dimulai sejak pukul 17.20 WIB. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh penyanyi Lyodra. Selanjutnya, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan drama musikal hingga parade ondel-ondel yang diiringi alunan gambang kromong.

Parade ondel-ondel di Jakarnaval 2022Foto: Parade ondel-ondel di Jakarnaval 2022 (Tiara Aliya/detikcom)

Tampak ratusan warga menyaksikan acara Jakarnaval pada hari ini. Tak jarang pula mereka turun dari kursi tribun untuk mendekat ke area trek Formula E melihat langsung penampilan. Setelahnya, warga diajak menyaksikan atraksi sepatu roda, pameran mobil hias hingga marching band dari kru Dunia Fantasi (Dufan) hingga SMK Pelayaram Jakarta Raya.

Ahmad Riza Patria mengatakan kedatangannya kali ini mewakili Gubernur Anies Baswedan yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain. Dalam sambutannya, Riza berharap Jakarnaval ini dapat menjaga seni dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

"Saya mewakili Pak Gubernur yang kebetulan tidak bisa hadir ada kegiatan lain, atas nama Pemprov kami menyambut baik dan bersyukur kegiatan Jakarnaval yang selalu kita hadirkan setiap tahun, ingin menghadirkan berbagai seni dan budaya, kreasi dari pada kita semua dan untuk kita juga," kata Riza dalam sambutannya di lokasi.

Riza menjelaskan Jakarnaval tahun ini mengusung tema Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia'. Orang nomor dua di Jakarta itu berharap acara ini mampu memberikan dampak positif, khususnya dalam menumbuhkan kepedulian serta kecintaan terhadap seni budaya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus kita hadirkan setiap tahun, setiap tahun semakin sukses dan semakin memberi makna yang berarti bagi kita semua. Mari kita terus tingkatkan acara-acara yang seperti ini untuk menunjukkan kepedulian kita, kecintaan kita pada seni budaya, pada kreatifitas, inovasi dan lain sebagainya," ucapnya.

Secara simbolis, Riza membuka gelaran acara hari ini dengan memencet tombol di layar panggung.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim tanggal 14 Agustus 2022 Jakarta Karnaval tahun 2022 dengan tema Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Riza.

Sebagai informasi, dalam Jakarnaval ini, peserta parade terbagi dalam 5 klaster, yaitu:

1. Jawara Epic Adventure-Tiga Jagoan legendaris Betawi: Pitung, Jampang, dan Sabeni, disatukan dalam sebuah semesta yang mana mereka akan berpetualang bersama. Mereka bertiga disebut Tiga Jawara.

2. Guardians Of Nusantara-Mengangkat cerita kerajaan Majapahit dengan sentuhan fantasi, pengunjung diingatkan oleh semangat Patih Gajah Mada dalam Sumpah Palapa untuk menyatukan Nusantara.

3. Gundala-Jakarta adalah kota multietnis yang sangat beragam, tantangan besarnya adalah bagaimana tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan yang ada. Gundala tiba sebagai seorang figur yang siap menjaga persatuan dengan menyebarkan semangat percaya akan harapan, bahwa walaupun dalam perbedaan, kota Jakarta akan tetap tetap bersatu dengan kuat dalam sebuah kolaborasi antarbudaya dan perbedaan.

4. Chronicles Of Destiny-Penggabungan dari 3 cerita rakyat Indonesia, yaitu Keong Mas, Timun Emas, dan Bawang Merah Bawang Putih diimajinasikan dengan gaya klasik, dan mengingatkan pesan untuk selalu percaya di mana ada kesulitan pasti akan ada keindahan di akhir.

5. The Inferno Heart-Ramayana adalah kisah yang tidak pernah lekang diceritakan di tanah air, kisah ini diceritakan kembali dengan tema 'steam-punk' yang sangat sarat dengan 'inovasi.

Selain menyaksikan karnaval dengan parade mobil hias yang mengangkat cerita lokal Indonesia, setelahnya masyarakat yang hadir bisa menikmati acara hiburan di panggung utama yang akan dimeriahkan oleh Armada Band, Lyodra dan Juicy Luicy.

Untuk diketahui, Jakarnaval telah digelar sejak tahun 1999 dan merupakan sebuah parade karnaval tahunan terbesar di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Parade ini juga mengokohkan posisi Jakarta sebagai kota yang menyatukan komunitas, yang berani bertekad menatap masa depan pascapandemi dengan optimisme, kebersamaan, dan kreativitas, yang tentu selama ini telah menjadi karakter Jakarta sebagai kota maju, modern dengan warga yang pantang menyerah dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

(taa/whn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT