ADVERTISEMENT

Jakarnaval di Sirkuit Formula E, Pemprov DKI Contoh Karnaval Luar Negeri

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:41 WIB
Dalam foto yang dipotret pada tanggal 25 Mei 2022, terlihat sejumlah pekerja beraktivitas di area Sirkuit Formula E, Jakarta.
Sirkuit Formula E (Pradita Utama).
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengungkap alasan dibalik pemilihan Jakarta International E-Prix (JIEC) atau Sirkuit Formula E sebagai venue Jakarnaval 2022. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Andhika Permata mengatakan sirkuit Formula E memenuhi spesifikasi penyelenggaraan karnaval.

"Ini kan venue yang berstandar internasional ya dan kita lihat equipment dan amenitasnya sangat mendukung untuk event karnaval," kata Andhika kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Andhika menuturkan sirkuit Formula E memiliki fasilitas lintasan hingga tribun yang mendukung pengaturan pengunjung karnaval. Menurutnya, spesifikasi ini sesuai dengan perhelatan event karnaval di tingkat kota dunia.

"Kalau teman-teman melihat event karnaval di kota global dunia seperti di Rio, seperti di Singapura dan lain-lain. Dengan lintasan dan tribun yang baik dan crowd management yang baik ini. Jadi semua sudah terfasilitasi di sirkuit Formula E internasional ini," jelasnya.

Di samping itu, Pemprov DKI hendak memanfaatkan sirkuit ajang balap mobil listrik tersebut melalui penyelenggaraan event berskala internasional. Adapun, sirkuit Formula E bisa menampung kapasitas hingga 10 ribu orang.

"Jadi kenapa kita memilih ini? Jadi itu salah satu alasannya dan terpenting adalah kita perlu mengaktivasi venue-venue yang dimiliki oleh Jakarta untuk event berskala internasional," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar acara Jakarnaval tahun 2022 di sirkuit Formula E pada 14 Agustus mendatang. Kegiatan ini bentuk apresiasi pemerintah kepada pegiat ekonomi kreatif serta komunitas di Jakarta yang telah bertahan melewati masa sulit pandemi COVID-19.

Rangkaian kegiatan Jakarnaval ini telah berlangsung sejak Jumat (5/8) di Pasar Seni Ancol dengan Talk Show Road to Jakarnaval bertemakan Pariwisata Urban.

Nantinya, rangkaian acara karnaval akan diisi oleh parade kendaraan hias, drama musikal, marching band dan penampilan menarik dari komunitas pegiat seni budaya di Jakarta. Setelahnya akan ada penampilan sederet artis ternama, seperti Armada Band, Lyodra, serta Juicy Luicy.

Acara puncak Jakarnaval gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Kendati begitu, pengunjung yang ingin hadir menyaksikan di lokasi tetap membeli tiket masuk ke Ancol Taman Impian sesuai dengan tarif reguler yang ditetapkan oleh pengelola. Informasi terkait pembelian tiket masuk Ancol dapat dilihat melalui media sosial instagram @ancoltamanimpian atau melalui laman https://www.ancol.com.

Simak video 'Alasan Jakarnaval Digelar di Sirkuit Formula E':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT