detikNews
Minggu 30 Juni 2019, 19:27 WIB

Pemprov DKI Jakarta: Anggaran Jakarnaval Rp 3,5 Miliar

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Pemprov DKI Jakarta: Anggaran Jakarnaval Rp 3,5 Miliar Anies Baswedan buka Jakaarnaval (Foto: Samsudhuha/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta hari ini menggelar Jakarnaval dalam rangka memperingati HUT DKI ke-492. Kepala Dinas Pariwisata DKI, Edy Junaedi, menyebut Jakarnaval menelan anggaran Rp 3,5 miliar.

"Untuk anggaran ini (Jakarnaval) di APBD 2019 dilakukan melalui mekanisme lelang, lebih kurang Rp 3,5 miliar untuk pelaksanaan," kata Edy di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).


Ia pun mengatakan rencananya anggaran untuk penyelenggaraan Jakarnaval tahun depan akan ditingkatkan. Alasannya, kata Edy, Gubernur DKI Anies Baswedan ingin lebih banyak masyarakat yang terlibat dalam acara ini.

"Harapan beliau (Anies) untuk tahun depan kita akan dobel lagi, lebih banyak lagi mengundang partisipasi masyarakat juga komunitas internasional," sebut dia.


Di lokasi yang sama, Anies mengatakan gelaran Jakarnaval melibatkan sekitar 3.500 peserta. Selain itu, menurut dia, Jakarnaval telah membangkitkan geliat ekonomi masyarakat.

"Lebih dari 3.500 peserta mengikuti dan alhamdulillah ini bukan saja kesempatan untuk expresi seni budaya tetapi juga ini kegiatan yang menggerakkan perekonomian. Utamanya ekonomi sektor informal, mikro dan kecil," kata Anies.
Pemprov DKI Jakarta: Anggaran Jakarnaval Rp 3,5 MiliarFoto: Gelaran Jakarnaval (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Meski menghabiskan anggaran yang besar, Anies menyebut banyak manfaat yang dirasakan pemprov dan masyarakat. Ia kembali menyinggung soal sektor ekonomi.

"Contoh, ketika pemerintah misalkan mengganggarkan Rp 3 miliar, artinya Rp 3 miliar itu berputar di masyarakat seperti lewat sanggar-sanggar, kegiatan seni. Jadi pemerintah sebagai pendorong perekenomiaan lewat itu," jelasnya.


"Jadi, ketika pemerintah mengeluarkan anggaran, maka itu bukan dilihat semata-mata sebagai biaya. Tapi itu sebagai cara pemerintah merangsang pertumbuhan perekonomian, karena tercipta lapangan pekerjaan, kemudian sektor-sektor lain ikut tumbuh," imbuh Anies.

Hari ini, Pemprov DKI Jakarta menggelar Jakarnaval dengan tema 'Wajah Baru DKI Jakarta'. Jakarnaval digelar dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta ke-492. Acara dimeriahkan dengan penampilan seni budaya dari berbagai daerah di Indonesia.


Tonton Video Warga Jakarta Padati Jalan Medan Merdeka hingga Bundaran HI:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Anies Sebut BPPT Offside soal Rencana Hujan Buatan"
[Gambas:Video 20detik]

(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com