Makin Panjang Daftar Polisi Dikurung gegara Skenario Sambo

ADVERTISEMENT

Makin Panjang Daftar Polisi Dikurung gegara Skenario Sambo

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 08:41 WIB
Suasana gedung Mabes Polri pascapenyerangan terduga teroris di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Mabes Polri memperketat penjagaan pascaserangan dari terduga teroris yang tewas di tempat usai baku tembak. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Foto ilustrasi Mabes Polri. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Ada satu polisi yang juga dikurung di Mako Brimob terkait dugaan pelanggaran etik, yakni Irjen Ferdy Sambo. Namun statusnya berubah menjadi penahanan setelah Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dugaan pembunuhan Brigadir Yoshua.

Selain itu, ada tiga orang lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Bripka Ricky Rizal, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, dan Kuat Ma'ruf. Mereka ditahan di rutan Bareskrim.

Ferdy Sambo dan ketiga anak buahnya dijerat Pasal 340 subsider 338 juncto 55 dan/atau 56 KUHP. Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, menegaskan ancaman hukuman terkait pasal tersebut adalah maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup, atau penjara selama 20 tahun.

Usai ditetapkan sebagai tersangka dan otak pembunuhan Brigadir Yoshua, Irjen Ferdy Sambo mengakui segala perbuatannya. Dia pun meminta maaf pada rekan-rekannya di kepolisian yang akhirnya terseret dalam kasusnya.


(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT