ADVERTISEMENT

Mendes PDTT Apresiasi Upaya Masyarakat Kampar Lestarikan Budaya

Dea Duta Aulia - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 17:59 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar
Foto: dok. Kemendes PDTT
Jakarta -

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengapresiasi penyelenggaraan Bagholek Godang Festival di Kampar, Riau. Kehadiran festival dinilai sebagai salah satu cara untuk menjaga budaya lokal serta kekuatan warga dalam membangun desa.

"Saya bersyukur pada malam hari ini bisa hadir dalam acara yang sangat luar biasa yang digelar di Kabupaten Kampar. Sukses untuk warga masyarakat Kabupaten Kampar, bahagia dan sejahtera," kata Abdul dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/8/2022).

Selain Abdul Halim Iskandar, acara yang digelar Jumat (12/8) tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Abdul Wahid, Pj Bupati Kampar Kamsol, dan Kepala Dinas PMD Provinsi Riau Djoko Edy, serta seluruh jajaran Forkopimda.

Abdul Halim Iskandar menilai sejumlah hiburan dan tarian yang disuguhkan pada Bagholek Godang Festival sangat luar biasa.

"Tadi ada tarian Lasuang yang luar biasa, yang sudah mulai punah dan sekarang dibangkitkan kembali," jelasnya.

Melalui festival tersebut diharapkan bisa menjadi wadah untuk pelestarian budaya Kampar. Serta bisa menjadi pemicu untuk membantu meningkatkan ekonomi dan kemajuan warga.

"Saya sangat mengapresiasi seluruh warga masyarakat Kampar, Bupati Kampar, pimpinan-pimpinan adat Kampar yang terus berupaya untuk mempertahankan adat budaya di Kampar," jelasnya.

Selain menyaksikan acara tersebut, Abdul Halim Iskandar turut memberikan piagam penghargaan kepada 14 kepala desa di Kabupaten Kampar yang menyandang status desa mandiri.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT