ADVERTISEMENT

LPSK Bicara Peluang Keluarga Brigadir J Tuntut Restitusi dari Ferdy Sambo

Mulia Budi - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 13:07 WIB
Ketua LPSK Hasto Atmojo
Ketua LPSK Hasto Atmojo (Jeffrie/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berharap bisa bertemu dengan keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, yang diduga tewas dibunuh Irjen Ferdy Sambo dkk. Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan pihaknya hendak menjelaskan hak restitusi yang bisa dituntut keluarga Yoshua ke Ferdy Sambo.

"Kami kan sebenarnya berharap agar bisa bertemu dengan keluarga korban," kata Hasto Atmojo Suroyo kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Dia mengatakan LPSK tak bisa memaksakan seseorang untuk mendapat perlindungan ataupun menuntut restitusi (ganti kerugian atas suatu tindak pidana). Dia menyebut LPSK bisa memberi bantuan asalkan diajukan oleh pihak yang merasa korban ataupun saksi.

"LPSK kan perlindungannya harus sukarela orang, padahal yang bisa diberikan LPSK itu sebenarnya bukan hanya perlindungan, tetapi juga bantuan. Bantuan ini bisa bantuan medis, bisa bantuan psikologis," ujarnya.

Dia kemudian mengatakan keluarga Brigadir J bisa saja menuntut restitusi dari para terduga pelaku pembunuhan. Menurutnya, pemberian restitusi bakal dilakukan berdasarkan penilaian LPSK.

"LPSK itu mendapat mandat dari negara untuk melakukan penilaian ganti rugi yang disebut restitusi yang dituntutkan kepada pelaku nantinya, dan itu kan sesuatu yang bisa menjadi hak keluarga korban," tuturnya.

4 Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengumumkan daftar tersangka kasus kematian Brigadir Yoshua Hutabarat. Sejauh ini, Polri telah menetapkan empat orang menjadi tersangka kasus Brigadir J.

Seperti diketahui, sebelumnya Bharada E alias Bharada Richard Eliezer menjadi tersangka pertama yang telah ditetapkan. Kemudian ada tersangka RR dan KM, yang juga ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

Kini, tersangka baru yang telah diungkap oleh Polri adalah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Dengan ditetapkannya Irjen Sambo menjadi salah satu tersangka kasus tewasnya Brigadir J, sekarang total tersangka ada empat orang.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto juga telah menyebut daftar keempat tersangka kasus Brigadir J adalah Bharada RE, Bripka RR, KM, dan Irjen FS. Berikut daftar 4 nama tersangka kasus Brigadir J yang telah ditetapkan dan diketahui sejauh ini, antara lain:

1. Bharada E atau Bharada RE adalah Bharada Richard Eliezer
2. Tersangka RR atau Brigadir RR adalah Brigadir Ricky Rizal
3. Tersangka KM atau Kuat Ma'ruf
4. Irjen Ferdy Sambo adalah mantan Kadiv Propam Polri

Simak Video: Jejak Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo yang Akhirnya Disetop

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT