ADVERTISEMENT

Mobil Kepresidenan Era Sukarno hingga Jokowi Dipamerkan di Sarinah

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 11:37 WIB
Jakarta -

Pemerintah menggelar pameran arsip dan mobil kepresidenan di Sarinah, Jakarta Pusat. Pameran itu guna menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pameran tersebut dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Pameran tersebut rencananya akan digelar selama satu pekan.

"Hari ini kita membuka pameran arsip dan mobil kepresidenan dalam rangkaian untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke-77 ini adalah rangkaian selama bulan kemerdekaan," kata Pratikno dalam sambutannya, Sabtu (13/8/2022).

"Tentu saja bukan hanya membawa kita secara fisik melihat arsip maupun mobil tetapi lebih penting adalah bagaimana dulu para founding father, para pejuang dan pendiri bangsa telah bekerja keras mempertaruhkan jiwa dan raga untuk membentuk berdirinya negara yang kita cintai ini dan ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk melanjutkan perjuangan dari beliau-beliau," sambungnya.

Sejumlah mobil dipamerkan, mulai era Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi. Terlihat mobil Buick yang pernah dikendarai oleh Presiden Sukarno.

Mobil kepresidenan era Sukarno hingga Jokowi dipamerkan di Sarinah.Mobil kepresidenan era Sukarno hingga Jokowi dipamerkan di Sarinah. (Anggi/detikcom)

Kemudian ada Mercedes-Benz S280 yang pernah digunakan oleh Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid. Ada pula mobil Mercedes-Benz S-Class W140, yang digunakan Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati Soekarnoputri, dan Presiden SBY, serta ada mobil Mercedes-Benz Sedan S-600 Guard yang digunakan Presiden SBY dan Presiden Jokowi.

Pratikno berharap pameran tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat. Dia juga berharap pameran itu dapat menumbuhkan semangat juang bangsa.

"Jadi ini akan berlangsung beberapa hari, sekali lagi semoga ini bisa dinikmati dan ini lokasinya sangat bagus di Sarinah juga punya kenangan masa lalu yang luar biasa mewariskan karya seni produk-produk kreatif bangsa Indonesia," kata Pratikno.

(idh/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT