ADVERTISEMENT

7 Fakta Sejauh Ini Bupati Pemalang dan Puluhan Orang Kena OTT KPK

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 20:00 WIB
Mukti Agung Wibowo, Profil Bupati Pemalang yang Kena OTT KPK
Bupati Pemalang (Foto: pemalangkab.go.id)
Jakarta -

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Mukti ditangkap terkait kasus dugaan suap dan jual beli jabatan.

OTT Bupati Pemalang ini dilakukan di Kompleks Kantor Bupati Pemalang, Kamis (11/8/2022) sore kemarin. Saat OTT itu, KPK juga menyegel sejumlah ruangan di Kantor Bupati.

Berikut ini fakta-fakta terbaru terkait OTT Bupati Pemalang:

1. Bupati Pemalang Diamankan

Pada Jumat (12/8) pagi tadi, KPK mengkonfirmasi telah melakukan OTT terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo. Mukti ditangkap pada sore kemarin.

"Benar, Kamis sore (11/8) hingga malam, KPK telah melakukan serangkaian tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali FIkri kepada wartawan, Jumat (12/8).

"Informasi yang kami terima, salah satu yang diamankan adalah bupati di Jawa Tengah," tambahnya.

2. OTT Terkait Kasus Suap-Jual Beli Jabatan

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan perkara yang menjerat Bupati Pemalang ini. Firli menyebut Mukti ditangkap terkait kasus dugaan suap dan jual beli jabatan.

"Betul pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022 sore, KPK melakukan tangkap tangan seorang bupati atas nama MAW dan beberapa orang yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi berupa suap," kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Firli menyebut Kedeputian Penindakan KPK masih bekerja menangani kasus ini. Nantinya KPK akan memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Rekan-rekan dari Kedeputian penindakan masih terus bekerja dan pada saatnya kami akan memberikan penjelasan kepada publik," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan kasus ini terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta jabatan. Kini KPK masih melakukan pendalaman.

"Benar kita melakukan giat tangkap tangan terhadap pejabat negara di beberapa tempat di Jakarta dan Pemalang," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Jumat (12/8).

"Kita telah mengamankan beberapa orang sekitar 23 orang dari Pemalang berkaitan dugaan tindak pidana korupsi suap dan pungutan tidak sah dalam pengadaan barang dan jasa serta jabatan," tambahnya.

KPK mengamankan 34 orang, simak pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT