ADVERTISEMENT

Heboh Pria Tombak Rumah Warga di Jakbar, Pelaku Diduga ODGJ

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 18:06 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto ilustrasidetikfoto
Ilustrasi Pengamanan Garis Polisi (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria menombak pintu rumah warga di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), viral di media sosial. Pria itu tampak berjalan di lorong permukiman warga sebelum melakukan aksinya.

Dalam video yang beredar, pria yang mengenakan topi, kaus oblong, dan celana panjang itu tampak membawa benda panjang semacam besi. Pria itu kemudian menombak rumah warga menggunakan besi di tangannya tersebut.

Pria itu juga terlihat berbicara dan mengajak warga berkomunikasi. Namun warga tak menghiraukan pria tersebut.

Penjelasan Polisi

Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo membenarkan adanya kejadian penombakan pintu rumah warga tersebut. Dia mengatakan pria dalam video itu berinisial M (43), diduga mengalami gangguan kejiwaan.

"Kalau kejadiannya menurut informasi dari warga karena kemarin pun juga warga sempat datang ke kita juga untuk minta tolong, saya pikir memang dia normal, ternyata pada saat diamankan warga kita amankan ke polsek ternyata itu dia ODGJ," kata Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo saat dihubungi, Jumat (12/8/2022).

Ardhie mengatakan warga yang rumahnya ditombak melapor ke Polsek Cengkareng Kamis (11/8) kemarin. Penombakan rumah itu dilakukan pelaku pada Rabu (10/8) malam.

"Orangnya laporan kemarin, kejadiannya Rabu malam, udah 2 kali katanya. Nombak dua kali, lempar batu juga, (pakai) besi, pintunya rusak," ujarnya.

Dia mengatakan M sempat melempar rumah warga menggunakan batu sebelum melakukan penombakan. Pelemparan batu itu dilakukan Selasa (9/8) lalu. Peristiwa penombakan itu terjadi di Jl Setia Raya Gang 7 RT 021 RW 016 Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Untuk melemparnya (batu) kemungkinan di hari Selasa nya sebelum kejadian dia nombak itu," ujarnya.

Selain itu, Ardhie mengatakan M tak hanya menombak satu rumah warga, sehingga membuat keresahan. M sempat diamankan warga sebelum dibawa ke Polsek Cengkareng.

"Kemarin kan juga sempet diamankan sama warga karena warga sudah resah dengan kelakuan-kelakuan itu, bukan hanya di satu rumah aja, juga ada beberapa rumah yang di isengin sama pelaku. Yang jelas kemarin sempat diamanin sama warga setempat karena sudah meresahkan warga setempat," tuturnya.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT