ADVERTISEMENT

Waspada! Begal di Jakpus Ini Kasih Jebakan Balok di Tengah Jalan

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 17:32 WIB
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis.
Ilustrasi begal (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Aksi begal di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, membuat korban kehilangan motornya. Modus para pelaku adalah dengan memasang 'jebakan' balok di tengah jalan.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (11/7) sekitar pukul 23.30 WIB. Korban berinisial GR saat itu berhenti saat melintasi Jl Subur, Gambir, Jakarta Pusat, lantaran ada balok kayu melintang di tengah jalan.

"Mereka merencanakan pencurian, di mana pelaku menaruh kayu balok panjang 3 meter melintang di tengah Jalan Subur. Korban tidak dapat melintas karena terhalang kayu balok," kata Kanit Reskrim Polsek Metro Gambir Kompol Andika Aris Prasetya dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Pelaku saat itu merampas motor korban dan memukul kepala korban dengan kapak sebelum melarikan diri. Korban kemudian lapor polisi.

Beberapa hari kemudian, polisi menangkap seorang pelaku berinisial A (21). Pelaku ditangkap pada Sabtu (30/7).

"Pelaku berinisial A (21) berhasil ditangkap Buser Polsek Gambir di rumah kontrakan kosong pada Sabtu (30/7)," ujar Andika.

Berdasarkan penuturan A, dia bekerja sama dengan pelaku inisial I, K, M, dan S yang kini masih diburu. Pelaku I berperan menaruh balok dan memukul korban dengan kapak.

"Pelaku berinisial I memukul kepala korban yang pakai helm dengan kapak," katanya.

"Sedangkan pelaku berinisial S mengamati sekitar, setelah korban jatuh pelaku inisial A mengambil motor korban dan membawa kabur," imbuhnya.

Pelaku kemudian menjual motor korban di daerah Indramayu, Jawa Barat. Andika mengatakan pelaku menjualnya dengan harga Rp 2,5 juta.

"Pelaku inisial A kebagian Rp 300 ribu (dari hasil jual motor)," katanya.

Andika mengatakan pelaku M telah ditangkap. Sedangkan empat dari enam pelaku saat ini masih dalam pencarian orang (DPO).

"M sudah ditangkap, diamankan di Polsek Cengkareng," katanya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp 12 juta. Saat ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

Simak juga 'Aksi Begal di Bogor, Tendang Korban Hingga Jatuh-Rampas Motor & HP':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT