ADVERTISEMENT

Ferdy Sambo Ngaku Bohong, Komnas HAM: Dari Awal Sudah Kelihatan

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 12:16 WIB
Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik,
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Irjen Ferdy Sambo meminta maaf kepada Polri dan masyarakat karena merekayasa kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Komnas HAM mengaku sudah menaruh kecurigaan atas peristiwa itu sejak awal.

"Ya pastilah (curiga ada yang tidak wajar), kan dari awal sudah kelihatan tidak sinkron antara satu keterangan dan keterangan lain," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Taufan mengatakan setiap informasi yang didapatkan perlu diuji kebenarannya. Menurutnya, informasi itu akan terungkap bohong atau tidaknya dari pengujian.

"Prinsip di dalam penyelidikan itu setiap data, informasi pasti di-cross-check dulu, bukan diterima begitu saja. Katakan sesuatu, bagi kami itu informasi yang mesti diuji dengan info dan data lain. Jadi bohong atau tidak, benar atau tidak, mesti lewat suatu pengujian," katanya.

Dia menyebut, ketika menerima keterangan dari para saksi, pihaknya tidak langsung mempercayai keterangan tersebut. Namun sejak awal Taufan mengatakan pihaknya sudah menduga ada hal yang mencurigakan.

"Bahasanya bukan percaya tidak percaya, setiap info mesti diuji dengan data lain," katanya.

Simak video 'Sambo Akui Rencanakan Pembunuhan dengan Bharada E dan Bripka RR':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT