Time Line Tewasnya Brigadir Yoshua hingga Ferdy Sambo Akui Rekayasa

ADVERTISEMENT

Time Line Tewasnya Brigadir Yoshua hingga Ferdy Sambo Akui Rekayasa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:03 WIB
Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo
Foto: Irjen Ferdy Sambo (dok. istimewa)
Jakarta -

Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J. Ferdy Sambo juga telah meminta maaf atas kebohongannya dalam kasus ini. Berikut ini linimasa kasusnya.

Kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo awalnya dinarasikan sebagai aksi baku tembak. Hasil penyelidikan hingga sejumlah pengakuan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E mengubah jalan cerita kasus ini. Baku tembak ternyata tak pernah terjadi

Kapolri Jenderal akhirnya mengumumkan Sambo menjadi tersangka yang membuat skenario pembunuhan ini. Usai diperiksa sebagai tersangka, Sambo juga meminta maaf kepada institusi dan sejawatnya di Polri.

Dirangkum detikcom, Jumat (12/8/2022), berikut ini jejak kasus kematian Brigadir J hingga Sambo minta maaf:

8 Juli: Narasi Brigadir J Tewas Karena Baku Tembak
Brigadir J meninggal dunia di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo setelah mendapatkan sejumlah tembakan.

11 Juli: Kematian Brigadir J Baru Diungkap
Kematian Brigadir J baru diungkap pihak kepolisian dalam jumpa pers pada Senin (11/7), padahal peristiwa terjadi pada 8 Juli 2022. Hal ini disampaikan oleh Divisi Humas Polri. Polisi pun melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

12 Juli: Dugaan Pelecehan Seksual terhadap Istri Sambo
Keesokan harinya, Selasa (12/7), Polres Metro Jakarta Selatan menyampaikan penjelasan soal dugaan kematian Brigadir J. Saat itu, Kapolres Metro Jaksel nonaktif, Kombes Budhi, menjelaskan bahwa Brigadir J tewas dalam baku tembak di rumah Irjen Sambo ini diawali dugaan pelecehan seksual Brigadir J kepada istri Irjen Sambo.

12 Juli: Kapolri Bentuk Tim Khusus
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian membentuk tim khusus terkait kasus polisi tembak polisi di rumah Irjen Ferdy Sambo. Tim khusus dipimpin Wakapolri Komjen Gatot.

18 Juli: Kapolri Nonaktifkan Irjen Sambo-Kombes Budhi
Desakan publik terhadap Polri untuk menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo menguat. Irjen Ferdy Sambo pun dinonaktifkan dari jabatan Kadiv Propam Pori. Hal ini diumumkan langsung oleh Kapolri pada 18 Juli.

Simak video 'Sambo Akui Rencanakan Pembunuhan dengan Bharada E dan Bripka RR':

[Gambas:Video 20detik]



Apa saja perkembangan terbaru dari kasus ini? Baca halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT