Apa Kabar Koordinasi KPK dengan Polri soal Pencucian Uang Setya Novanto?

ADVERTISEMENT

Apa Kabar Koordinasi KPK dengan Polri soal Pencucian Uang Setya Novanto?

M Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 18:56 WIB
Novanto dan Sofyan Basir sempat berjabat tangan usai sidang lanjutan kasus suap proyek PLTU Riau-1. Penasaran seperti apa ekspresi Novanto?
Eks Ketua DPR Setya Novanto (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjelaskan kabar terkini soal penanganan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang disangkakan kepada eks Ketua DPR RI Setya Novanto. Sebelumnya, KPK dan Polri mengaku bakal berkoordinasi terkait perkara tersebut.

Nawawi memerintahkan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Didik Agung Widjanarto segera melakukan koordinasi dengan Polri. Pasalnya, Nawawi mengaku KPK telah mengusut terlebih dahulu perkara tersebut.

"Soal TPPU yang disangkakan kepada Setya Novanto, saya minta juga ini ada (koordinasi). Karena di situ tugas kedeputian korsup, Pak Didik, ya," kata Nawawi kepada Didik di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

Dia meminta Didik berkoordinasi kepada Polri terkait perkembangan perkara pencucian uang yang disangkakan kepada Setya Novanto.

"Untuk mencari tahu lebih jauh lah, ya. Sejauh mana ini koordinasinya.... Dan apakah perlu, apakah jika memang seperti jalan di tempat dan seperti apa. Apakah perkara itu juga sudah jalan, sudah ditingkat penyidikan atau seperti apa," jelasnya.

Bahkan, Nawawi juga sempat menyarankan agar TPPU Setya Novanto itu diambil alih KPK. Sebab, perkara tindak pidana korupsi (TPK) Setya Novanto pertama kali diusut oleh KPK.

"Perlu tidaknya kita supervisi, pada tingkatan terakhir, perlu tidaknya kita mengambil alih, karena memang tindak pertama yang pertama itu ditangani oleh KPK," tutur Nawawi.

Nawawi ingin seluruh pertanyaan itu bisa terjawab sesegera mungkin. Apalagi, dugaan TPPU itu disebut sudah diusut polisi sejak beberapa waktu lalu.

"Saya minta itu ada jawaban besok lusa dari Pak Deputi Korsup untuk pertanyaan yang disampaikan," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Demo di Depan KPK, LPM Tuntut Indodax Diusut

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT