ADVERTISEMENT

Irjen Napoleon Ngaku Tak Masalah Dituntut 1 Tahun Bui di Kasus Aniaya Kace

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 12:31 WIB
Irjen Napoleon Bonaparte (kemeja batik)-(Wilda/detikcom)
Irjen Napoleon Bonaparte (kemeja batik) (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa Irjen Napoleon Bonaparte dituntut 1 tahun penjara dalam kasus dugaan penganiayaan dan melumuri tinja kepada YouTuber M Kace. Mantan Kadiv Hubinter Polri itu mengaku tidak masalah dengan tuntutan itu.

"Biarkan saja, itu mekanisme yang harus kita hormati. Itu hak jaksa penuntut umum untuk menyampaikan tuntutan," kata Napoleon seusai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

Napoleon menyebut akan menyampaikan nota pembelaan atau pleidoi terhadap tuntutan itu. Napoleon menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim yang memutuskan perkara ini.

"Kan dua minggu lagi saya diberi waktu sama penasihat hukum saya untuk menyatakan pleidoi atau pembelaan dan kita sama-sama menghormati proses ini, nanti akhirnya menjadi penilaian tuntas dari majelis hakim. Tidak ada masalah buat saya itu," ujarnya.

Irjen Napoleon Bonaparte sebelumnya dituntut 1 tahun penjara terkait kasus penganiayaan dan melumuri kotoran tinja kepada M Kace. Jaksa meyakini Napoleon bersalah melakukan penganiayaan secara bersama-sama.

"Menuntut agar majelis hakim Pengadilan Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara, memutuskan, menyatakan Terdakwa Irjen Napoleon Bonaparte terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan secara bersama-sama dan tindak penganiayaan sebagaimana yang dimaksud dalam dakwaan kesatu, kedua Pasal 351 ayat 1 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana, dan dakwaan kedua Pasal 351 ayat 1 KUHPidana," kata jaksa Andi Jaya Aryandi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/8).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Irjen Napoleon Bonaparte dengan pidana penjara selama 1 tahun," imbuhnya.

Napoleon diyakini jaksa melanggar Pasal 351 ayat 1 juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP dan Pasal 351 ayat 1 KUHP.

Dalam kasus ini, Irjen Napoleon Bonaparte didakwa menganiaya M Kace di Rutan Bareskrim. Napoleon juga melumuri M Kace dengan kotoran manusia.

Dalam surat dakwaan disebutkan bahwa Napoleon melakukan perbuatan itu bersama-sama dengan Dedy Wahyudi, Djafar Hamzah, Himawan Prasetyo, dan Harmeniko alias Choky alias Pak RT. Tuntutan untuk tiap terdakwa itu dilakukan terpisah.

Simak Video 'Irjen Napoleon Dituntut 1 Tahun Penjara di Kasus Penganiayaan M Kace!':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT