ADVERTISEMENT

Rektor Untirta Minta Ospek Fokus Kenalkan Kampus Usai Geger Maba Dijemur

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 11:49 WIB
kampus untirta
Foto: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (bahtiar/detikcom)
Serang -

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Fatah Sulaiman meminta Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek fokus pada penguatan nasionalisme. Instruksi ini dilakukan setelah viral mahasiswa baru (maba) dijemur berjam-jam pada ospek.

"Kita akan fokus untuk pengenalan kampus dan Tridarma PT (perguruan tinggi) serta penguatan semangat nasionalisme dan cinta NKRI," kata Fatah kepada wartawan, Serang, Kamis (11/8/2022).

Dia menegaskan mahasiswa baru yang mengalami kejadian tidak menyenangkan selama ospek bisa melaporkan ke Humas Untirta. Dia mengatakan laporan dapat disampaikan lewat hotline 082298979737.

"Itu komitmennya," ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan praospek di Untirta jadi sorotan karena maba dijemur berjam-jam dalam kegiatan technical meeting untuk pembuatan gambar mozaik. Pihak BEM meminta maaf atas kejadian yang dilakukan pada Selasa (9/8).

"BEM KBM Untirta menyampaikan permohonan maaf kepada mahasiswa baru, orang tua mahasiswa baru dan masyarakat Serang dan sekitarnya atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kegiatan technical meeting," kata Presiden Mahasiswa Untirta Ryco Hermawan, Serang, Rabu (10/8).

Kegiatan itu mestinya dilakukan selama dua jam. Tapi kemudian molor sehingga tidak sesuai estimasi.

BEM membantah adanya larangan makan, minum, salat, istirahat bagi mahasiswa baru. Dia mengklaim panitia sudah memberikan imbauan agar mahasiswa sarapan sebelum mengikuti pembekalan. Mereka juga membawa bekal untuk makan siang saat istirahat.

"Terkait beredarnya informasi kekerasan fisik dan verbal dari Gerakan Disiplin Kampus (GDK) kepada mahasiswa baru, sebelum pelaksanaan technical meeting, BEM telah menyusun SOP dan ToT bagi mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan," ujarnya.

Lihat juga video 'Dikira Pingsan, Mahasiswa Ini Ternyata Ketiduran Saat Ospek Online':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT