ADVERTISEMENT

Permintaan Maaf BEM Untirta Usai Viral Mahasiswa Baru Dijemur Berjam-jam

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 10:17 WIB
kampus untirta
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Bahtiar/detikcom)
Serang -

Kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten, viral. Mahasiswa baru (maba) disebut dijemur selama berjam-jam di lapangan. BEM Untirta pun menyampaikan permintaan maaf atas kegiatan ini.

Awalnya narasi soal mahasiswa baru dijemur berjam-jam ini jadi perbincangan warganet dan menjadi trending topic di Twitter. detikcom mencoba mencari kebenaran informasi tersebut ke pihak mahasiswa dan Humas Untirta.

Seorang ibu mahasiswi baru Untirta menceritakan terkait kegiatan ospek maba di Untirta. Ia merasa resah anaknya sakit karena mengikuti rangkaian ospek yang tidak memperhatikan faktor kesehatan dan daya tahan mahasiswa baru.

"Jadi kita kan WA-an, 'Teteh jam berapa pulang ospek?', teteh itu anak, jawabnya 'nggak tahu'. Aku kesel, bisa-bisa tipes, mau salat diburu-buru waktu. Kedua, posisinya di lapangan, bekel di tas dikumpulkan, minum terbatas, jadi habislah," katanya saat dihubungi, Rabu (10/8/2022).

Dia mengatakan anaknya mengikuti pra-ospek di kampus 1 Untirta pada Selasa (9/8). Mereka dikumpulkan dari pukul 07.00 WIB hingga sore hari di lapangan terbuka.

Meski ada jeda istirahat saat salat Zuhur, dia mengatakan ada mahasiswa yang pingsan hingga mengalami mimisan.

"Bisa jadi dehidrasi. Bisa tipes kalau gini nahan lapar nahan haus," ujarnya.

Dia pun tak memberikan izin kepada anaknya untuk mengikuti orientasi di Untirta. Anaknya memilih tidak ikut kegiatan di kampus.

Tanggapan Untirta

Terkait perbincangan soal ospek yang viral, staf Humas Untirta Veronika Dian Faradisa mengatakan saat ini rektor sedang menelusuri kejadian itu ke Bagian Kemahasiswaan, BEM KBM, dan organisasi mahasiswa.

Dia mengatakan kegiatan mahasiswa pada Selasa (9/8) kemarin adalah kegiatan dari organisasi mahasiswa dan BEM untuk sosialisasi. Dia mengatakan kegiatan itu adalah pra-PKKBM (perkenalan kehidupan kampus mahasiswa baru) atau ospek.

"Kita dikejutkan hari ini dengan media sosial, kami dicurhati mahasiswa baru, kami terkejut kemarin itu sepenuhnya di lapangan adalah ormawa (organisasi mahasiswa) pra-PKKBM," ujar Dian di Serang, Rabu (10/8).

Selain untuk sosialisasi, tujuan mahasiswa dikumpulkan di lapangan adalah untuk pengambilan gambar mozaik melalui drone. Itu dianggap panas-panasan di tengah lapangan dan mungkin memang ada panitia yang keterlaluan.

"Nantinya mungkin tidak rapi keluar, hanya mungkin terlalu overprotektif," ujarnya.

Lihat juga video 'Berkibarnya Spanduk 'Maaf, SBM ITB Tidak Terima Mahasiswa Baru Lagi'':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana penjelasan BEM Untirta? Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT