ADVERTISEMENT

Komnas HAM Bakal Periksa Ferdy Sambo Hari Ini, Begini Situasi Mako Brimob

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 10:13 WIB
Jakarta -

Komnas HAM menjadwalkan akan memeriksa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo hari ini. Komnas HAM belum memastikan tempat pemeriksaan Sambo.

Diketahui Komnas HAM mengagendakan pemeriksaan Ferdy Sambo hari ini. Namun belum diketahui apakah akan memeriksa Ferdy Sambo di Mako Brimob, Depok, atau di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di sekitar gerbang Mako Brimob, Rabu (11/8/2022), dua kendaraan taktis (rantis) disiagakan. Sembilan sepeda motor trail juga tampak berada di sebelahnya.

Sejumlah anggota Brimob terlihat berjaga di depan gerbang. Mereka tampak membawa senjata laras panjang dan berseragam lengkap.

Aktivitas di sekitar Mako Brimob masih tampak sepi. Belum terlihat ada banyak hilir mudik mobil di Mako Brimob.

Diketahui, Komnas HAM mengagendakan pemeriksaan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo hari ini. Pemeriksaan Sambo terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Sampai sekarang belum ada pemberitahuan pembatalan atau penundaan dari timsus," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Kamis (11/8/2022). Beka menjawab pertanyaan perihal rencana pemeriksaan Sambo hari ini.

Beka belum bisa memastikan waktu pemeriksaan Ferdy Sambo. Namun pihaknya menunggu kehadiran timsus bersama Ferdy Sambo di Kantor Komnas HAM.

Sebelumnya, Komnas HAM sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo pada Kamis (11/8).

"Besok agendanya adalah kami berharap Pak FS Pak Ferdy Sambo, habis itu Bu Putri," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di kantornya, Rabu (10/8).

Sementara itu, belum dapat dipastikan di mana Sambo akan diperiksa, apakah di Mako Brimob atau di Komnas HAM. Namun pihaknya berharap agar pemeriksaan dilakukan di kantor Komnas HAM.

"Kami berharap bisa datang ke kantor Komnas HAM. Namun demikian, jika atas permintaan tertentu, kita akan mengikuti pertimbangan yang terbaik," katanya.

(yld/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT