ADVERTISEMENT

Kabar Terkini dari LPSK soal Istri Irjen Sambo Kurang Bekerja Sama

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 08:00 WIB
Istri Ferdy Sambo datangi Mako Brimob
Istri Ferdy Sambo mendatangi Mako Brimob (kanan). (Dwi/detikcom)
Jakarta -

Kabar terbaru tentang istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, diungkap Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Putri dianggap kurang kooperatif dalam memberikan keterangan kepada LPSK.

"LPSK merasa, ya, memang kurang kooperatif ibu ini," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo saat dihubungi di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (10/8/2022).

Hasto mengatakan LPSK telah dua kali bertemu langsung dengan Putri untuk melakukan asesmen dan investigasi terkait dengan kasus kematian Brigadir J. Namun, dari dua pertemuan itu, Putri tidak memberikan keterangan apa pun kepada LPSK. Terakhir, LPSK memeriksa Putri di kediaman pribadi di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Selasa (9/8).

Karena itu, jika Putri Candrawathi tetap tidak kooperatif, besar kemungkinan LPSK akan membatalkan permohonan perlindungan yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

Hasto mengatakan, apabila nanti permohonan perlindungan yang diajukan ditolak LPSK dan sewaktu-waktu yang bersangkutan ingin kembali mengajukan permohonan perlindungan, hal tersebut masih memungkinkan dilakukan.

"Kalau misalnya suatu saat Ibu P (Putri Candrawathi) ini merasa masih memerlukan perlindungan, ya bisa ajukan lagi," ujar Hasto.


Istri Sambo Malu Beri Keterangan

Sementara itu, Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi menyebut Putri malu bercerita. Namun tak ada penjelasan mengapa Putri malu memberikan keterangan ke LPSK.

"Ya memang yang terucap hanya itu, 'malu, Mbak, malu'. Ya malunya kenapa kita nggak tahu," papar Edwin di kantornya, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (10/8/2022).

Edwin mengatakan, berdasarkan tim psikiater LPSK, Putri membutuhkan pemulihan mental. Putri disebut perlu mendapatkan penanganan psikiater.

"Berdasarkan pengamatan psikiater kami, psikiater bilang memang Ibu P ini butuh pemulihan mental. Jadi maksud kami begini, terlepas Ibu P ini adalah pemohon perlindungan ke LPSK dan mungkin juga saksi dalam perkara pidana yang sedang diselidiki, tetapi Ibu P ini secara pribadi butuh penanganan dokter psikiater," ungkapnya.

Simak video 'Komnas HAM Terus Upayakan Periksa Istri Sambo, Jika Masih Trauma?':

[Gambas:Video 20detik]



Baca halaman berikutnya tentang hasil asesmen diumumkan pekan depan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT