ADVERTISEMENT

Polda Metro Kembali Tangkap Menteri Khilafatul Muslimin di Lampung!

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 19:24 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya masih mengembangkan kasus ormas Khilafatul Muslimin. Setelah menangkap enam tersangka, Polda Metro Jaya kini menangkap kembali menteri Khilafatul Muslimin.

Penangkapan ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Zulpan mengatakan pelaku ditangkap di Lampung pada Rabu (10/8).

"Benar, yang bersangkutan ditangkap di Lampung," ujar Kombes Endra Zulpan saat dihubungi wartawan, Rabu (10/8/2022).

Secara terpisah, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan tersangka yang ditangkap bernama Indra Fauzi. Indra merupakan salah satu petinggi sentral di organisasi Khilafatul Muslimin.

"Tersangka Indra Fauzi adalah Menteri Penerimaan Zakat Ormas Khilafahtul Muslimin," ujar Hengki.

Hengki menambahkan penangkapan Indra Fauzi merupakan rangkaian atas penangkapan sejumlah pengurus Khilafatul Muslimin yang sudah ditangkap sebelumnya, termasuk pimpinan tertinggi Abdul Qadir Hasan Baraja.

"Samoai dengan saat ini sudah ada sembilan tersangka yang kami amankan terkait Khilafatul Muslimin ini," ungkapnya.

Penyidikan terkait Khilafatul Muslimin masih terus berkembang. Penyidik masih akan melakukan pendalaman terkait pengurus lainnya.

Wapres Nyatakan Khilafatul Muslimin Menyimpang

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan Khilafatul Muslimin telah menyimpang. Ma'ruf menegaskan kelompok Khilafatul Muslimin menyimpang dari falsafah bangsa.

"Saya kira sudah jelas, responsnya itu dia itu menyimpang karena kita di Indonesia itu sudah ada kesepakatan, kesepakatan nasional bahwa negara kita itu negara republik, NKRI, itu sudah final," kata Ma'ruf kepada wartawan seperti dalam rekaman audio yang diberikan Setwapres, Rabu (22/6/2022).

Dengan begitu, kegiatan Khilafatul Muslimin harus dihentikan. Akan tetapi, anggota Khilafatul Muslimin perlu direhabilitasi agar kembali kepada pedoman bangsa.

"Karena itu terpaksa dihentikan, dilakukan juga... kalau kegiatannya terus disetop, tentu mereka yang apa namanya itu diperbaiki, direhabilitasi," tutur Ma'ruf.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga '13 Aktivis Khilafatul Muslimin di Jawa Tengah Ditangkap!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT