ADVERTISEMENT

KPK Yakin Praperadilan Pelapor Suharso Ditolak Hakim

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 14:09 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK mengaku optimistis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) bakal menolak praperadilan yang diajukan oleh Nizar Dahlan yang menggugat KPK karena tidak menindaklanjuti laporannya terkait dugaan gratifikasi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. KPK menilai laporan Nizar itu tidak berdasar.

"Kami sangat yakin, gugatan pemohon akan ditolak Hakim karena memang tidak ada dasar landasan dan alasan pengajuan permohonan dimaksud," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (9/8/2022).

Ali menjelaskan pihaknya sejatinya sudah menerima laporan milik Nizam. KPK juga telah melakukan verifikasi terkait dugaan itu.

"Perlu kami sampaikan, bahwa KPK telah menerima dan telah melakukan verifikasi terhadap laporan dimaksud pada tahun 2020," terang Ali.

Bahkan, Ali menyebut KPK telah melakukan pertemuan dengan Nizar. Saat itu, pihak KPK menindaklanjuti laporan itu guna memperoleh dokumen dan informasi tambahan.

"Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat juga telah melakukan proses penelaahan dan sekitar November 2020 dan sesuai mekanisme PP 43 tahun 2018 telah pula dilakukan pertemuan dengan pelapor sebagai tindak lanjut untuk memperoleh informasi dan dokumen-dokumen pendukung laporan tersebut," tuturnya.

Namun, Ali menyebut Nizar hingga saat ini masih belum melengkapi dokumen yang diminta oleh KPK. Ali juga menyebut Nizar tidak memberikan konfirmasi kepada pihak KPK.

"Namun demikian, informasi yang kami terima, sampai saat ini, pelapor belum melengkapi dokumen pendukung dimaksud dan tidak mengkonfirmasi kembali kepada Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat KPK," tutup Ali.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT