ADVERTISEMENT

Pelapor Gugat Praperadilan KPK, Minta Dugaan Gratifikasi Suharso Diusut

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 11:28 WIB
Caucasian woman holding gavel
Ilustrasi pengadilan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tolimir)
Jakarta -

KPK digugat praperadilan oleh warga bernama Nizar Dahlan. KPK digugat karena dianggap tidak menindaklanjuti laporannya terkait dugaan gratifikasi Menteri Perencanaan Pembangunan atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Gugatan praperadilan terhadap KPK ini didaftarkan Nizar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) melalui kuasa hukumnya, yaitu Rezekinta Sofrizal, Dhuma Melinda Harahap, dan Muhammad Noor Shahib. Gugatan praperadilan Nizar teregister dengan nomor 60/Pid.Pra/2022/PN.Jkt-sel.

"Saya melakukan praperadilan kepada KPK. Sebab, apa yang saya sampaikan dua tahun lalu terkait dugaan kasus gratifikasi Menteri Bappenas atau Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa belum ada tindak lanjut," kata Nizar Dahlan kepada wartawan lewat keterangan tertulis, Rabu (13/7/2022).

Nizar merasa tak bisa cuma pasrah laporan dugaan gratifikasi yang menurutnya diterima Suharso tidak ditindaklanjuti oleh KPK. Dia juga menuduh PPP seperti sudah tidak punya 'taring' dalam kancah perpolitikan Tanah Air.

"Saya dan teman-teman senior partai lainnya merasa terpanggil dan tidak bisa tinggal diam. Kami juga tahu sekarang PPP merosot jauh, di samping apa yang dilakukan pimpinan juga tidak sangat manusiawi," katanya.

Mantan anggota DPR RI ini berharap kepada hakim praperadilan agar mengabulkan gugatannya dan memerintah KPK untuk segera menindaklanjuti laporannya. Sebab, dia mengklaim memiliki bukti-bukti dugaan gratifikasi Suharso yang saat ini menjabat Ketua Umum PPP.

"Harapan saya supaya kasus gratifikasi ini bisa cepat diusut dan tidak didiamkan. Sebab, ini laporannya sudah ada bukti dan bukan abal-abal," ujarnya.

Tanggapan KPK

KPK, melalui plt juru bicaranya Ali Fikri, mengklaim setiap laporan masyarakat terkait dugaan korupsi yang mereka terima ditindaklanjuti. Menurut Ali, KPK sudah memberi tanggapan secara resmi kepada Nizar Dahlan selaku pelapor dugaan gratifikasi Suharso Monoarfa.

"KPK memastikan setiap laporan masyarakat yang diterima KPK akan ditindaklanjuti dengan verifikasi dan telaahan serta pengayaan informasi," kata Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (14/7/2022).

"Informasi yang kami terima, KPK telah memberi tanggapan atas pelaporan dimaksud langsung kepada pihak pelapor. Tentu hal tersebut dilakukan sesuai mekanisme dan ketentuan," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Eks Dirut PNRI Didakwa Korupsi Pengadaan e-KTP

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT