ADVERTISEMENT

Respons KPK di Balik Citra Terburuk 5 Tahun Terakhir Versi Litbang Kompas

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 16:22 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Hanafi-detikcom)
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Litbang Kompas merilis hasil survei tren citra KPK, yang menyebutkan citra KPK saat ini terendah dalam lima tahun terakhir. Bagaimana respons KPK terkait hasil survei itu?

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri tidak menanggapi jelas tentang citra KPK menurun. Ali justru menanggapi perihal hasil survei yang menyatakan 59 persen responden percaya bahwa kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri akan lebih baik lagi di sisa masa periodenya sampai 2023.

"Hal ini tentu menjadi dukungan positif bagi KPK untuk terus meningkatkan kinerja pemberantasan korupsi, karena kami menyakini sepenuhnya bahwa keberhasilan kinerja pemberantasan korupsi harus melibatkan masyarakat dari seluruh unsur," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (8/8/2022).

Ali menyebut hasil tren optimistis itu sesuai dengan skor Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK) yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini. Ali menyebut saat ini IPAK berada di angka 3,93.

IPAK tersebut dinilai dengan skala indeks 0-5, dengan rincian rentang 0-1,25 berarti sangat permisif. Sementara skor 3,76-5.00 berarti sangat antikorupsi.

Menurut Ali, hasil tersebut juga relevan dengan upaya pemberantasan korupsi yang tak melulu soal penangkapan. Namun peran serta masyarakat juga dibutuhkan dalam menurunkan tingkat korupsi.

"Pandangan ini juga relevan bahwa keberhasilan pemberantasan korupsi bukan saja diukur dari semakin banyaknya menangkap para pelaku korupsi, tapi juga bagaimana kita bisa menurunkan tingkat korupsi bersama seluruh elemen masyarakat," jelas Ali.

"Oleh karenanya, KPK penting menguatkan pemberantasan korupsi tidak hanya melalui strategi represif, tapi juga strategi preventif dan edukatif secara simultan," tutupnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT