ADVERTISEMENT

PDIP Sudah Setor Nama Pengganti Tjahjo, Minta Jokowi Tunggu 40 Hari

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 18:43 WIB
Hasto Kristiyanto
Foto: Hasto Kristiyanto (dok.PDIP).
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md ditunjuk menjadi Plt Menteri PAN-RB usai wafatnya Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu. Belum ada pejabat definitif di kursi Menteri PAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo. PDIP menyebut Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah menyampaikan sosok pengganti Tjahjo di kabinet.

"Ya tentu saja berbagai pertimbangan-pertimbangan sudah dilakukan Ibu Ketua Umum dan kemudian disampaikan ke Bapak Presiden Jokowi, tinggal momentumnya, waktunya itulah yang nanti kami harapkan paling tidak setelah peringatan 40 hari wafatnya Mas Tjahjo Kumolo," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Kantor Sekretariat PDI Perjuangan DKI Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2022). Hasto menjawab pertanyaan apakah nama pengganti Tjahjo sudah disetorkan ke Jokowi atau belum.

Meski demikian Hasto tidak bisa menyebutkan siapa sosok yang dimaksud. "Itu nanti dari Ibu Ketua Umum bersama Bapak Presiden Jokowi," katanya.

Hasto mengungkapkan PDIP ingin roda pemerintahan terus bergerak. Perihal pengganti Tjahjo, kata dia, hanya tinggal menunggu waktu.

"Kami menegaskan bahwa PDIP tidak menginginkan bahwa setelah wafatnya Mas Tjahjo pemerintahan tidak berjalan, Kemenpan-RB apapun harus berjalan. Karena itulah ketika Bapak Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Ad-Interim agar roda organisasi di bawah Kemenpan-RB tetap berjalan baik maka nantinya akan tiba waktunya untuk mengumumkan dari Pak Jokowi siapa yang akan menggantikan Mas Tjahjo Kumolo. Itu harapan yang kami sampaikan kepada Bapak Presiden yang sudah disampaikan Bu Megawati Soekarnoputri," imbuh dia.

Diketahui, Menko Polhukam Mahfud Md ditunjuk menjadi Plt Menteri PAN-RB. Penunjukan Mahfud sebagai Plt MenPAN-RB sambil menunggu proses penunjukan pejabat definitif.

"Posisi MenPAN-RB dijabat oleh Plt. Bapak Mahfud ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut. Sembari, masih menunggu prosesnya untuk pengganti," kata Stafsus Mensesneg Faldo Maldini kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

Faldo berharap penunjukan Mahfud menjadi Plt MenPAN-RB dapat menjaga performa kerja pemerintah. Faldo berharap semua proses dapat berjalan baik.

"Fungsi pemerintahan masih berjalan dengan baik. Kami kira kehadiran Plt Pak Menko Mahfud dapat memastikan berjalannya administrasi dengan lebih optimal," ujar Faldo.

"Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan. Biasa proses seperti ini, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif, yang paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik," sambung Faldo.

Lihat juga video 'Jokowi Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih dalam Proses':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT