Penangguhan Penahanan Roy Suryo Belum Dikabulkan Polda Metro

ADVERTISEMENT

Penangguhan Penahanan Roy Suryo Belum Dikabulkan Polda Metro

Yulida Medistiara, Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 20:05 WIB
Roy Suryo
Foto: Roy Suryo (20Detik)

Roy Suryo Berharap Damai

Selain mengajukan penangguhan penahanan, pengacara Roy Suryo, Elza Syarief juga berharap Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bisa menjadi mediator Roy Suryo dengan pelapor. Elza Syarief berharap kliennya, Roy Suryo, dengan pihak pelapor bisa berdamai di kasus postingan meme stupa Candi Borobudur ini.

"Tapi kita udah nyerahin surat permohonan penangguhan. Kita juga sudah tulis surat kepada penyidik, Pak Kapolda, dan Direskrimsus, untuk menjadi mediator, memediasikan perdamaian antara Pak Roy dengan Pak Kevin dan Pak Hartono," ujar Elza Syarief saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/8/2022).

Elza Syarief meminta adanya restorative justice (RJ) dalam penyelesaian perkara Roy Suryo dengan pelapor ini. Merujuk edaran Kapolri terkait penyelesaian RJ dalam kasus ITE, menurut Elza, seharusnya Roy Suryo bisa didamaikan.

"Terus kemudian, jika dia bersalah di dalam ITE, menurut surat edaran Kapolri, itu jika sudah meminta maaf, itu tidak bisa dipidana," katanya.


Jawaban Polda Metro

Roy Suryo telah mengajukan permohonan penangguhan penahanan atau dijadikan tahanan kota di kasus meme stupa Candi Borobudur. Polda Metro Jaya mengaku menghormati langkah yang tengah ditempuh oleh Roy Suryo.

"Permohonan untuk minta penangguhan terhadap saudara Roy Suryo memang diatur dalam peraturan hukum kita," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Zulpan mengatakan pihaknya saat ini belum menjawab pengajuan yang telah dilayangkan Roy Suryo. Dia menyebut diterima atau tidak penangguhan penahanan yang dilakukan Roy Suryo merupakan pertimbangan dari penyidik.

"Kewenangan untuk memutuskan layak atau tidak permohonan tersebut dikabulkan ada di tangan penyidik berdasarkan pertimbangan hukum terhadap kasus yang sedang dihadapi oleh tersangka. Hal ini diatur dalam KUHAP," terang Zulpan.


(yld/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT