ADVERTISEMENT

KPU Minta KPUD Segera Laporkan Nama Anggota yang Diduga Dicatut Parpol

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 06 Agu 2022 11:53 WIB
Konferensi pers KPU RI (Rakha-detikcom)
Ilustrasi Sipol (Rakha/detikcom)

Sebelumnya, KPU menemukan puluhan anggota KPU daerah yang tercatut menjadi kader partai politik (parpol). Saat ini jumlahnya sudah mencapai 98 orang.

"Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh berbagai KPU provinsi kepada Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI per pukul 19.08 WIB, 4 Agustus 2022, ada 98 orang penyelenggara pemilu di daerah yang telah menyampaikan pengaduan bahwa nama-nama mereka ada di dalam daftar keanggotaan partai politik yang ada di dalam aplikasi Sipol," ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik dalam keterangannya, Jumat (5/8).

Mereka terdiri atas komisioner dan sekretariat KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sejumlah daerah. Padahal yang bersangkutan mengaku tidak pernah memiliki kartu tanda anggota (KTA) partai politik atau tidak pernah mengajukan diri menjadi anggota partai politik.

"Ke-98 orang tersebut tersebar di 22 provinsi dengan rincian 4 orang personalia sekretariat KPU provinsi unsur PPNPN (pegawai pemerintah nonpegawai negeri), 22 orang komisioner KPU kabupaten/kota, dan 72 orang personalia sekretariat KPU kabupaten/kota, di antaranya terdapat 80 eprsen berasal dari PPNPN," jelas Idham.


(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT