ADVERTISEMENT

TransJ Siap Terapkan Tarif Terintegrasi MRT-LRT: Kami Tunggu Kepgub

Silvia Ng - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 18:35 WIB
Jakarta berlakukan PPKM level 2 sebagai upaya cegah varian Omicron. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat beraktivitas di tengah pemberlakuan PPKM ini.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Kepala Divisi Sekretaris PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Anang R Noor mengatakan TransJakarta sudah siap secara teknis terkait tarif terintegrasi MRT-LRT-TransJakarta Rp 10 ribu. Anang menyebutkan pihaknya tinggal menunggu Keputusan Gubernur (Kepgub) terkait aturan itu.

"Siap. Secara teknis kita sudah siapkan, karena memang dari end-to-end, jadi mulai masuk sampai keluarnya lagi itu kita sudah siapkan secara digital," kata dia kepada wartawan di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat (5/8/2022).

Selain siap secara digital, lanjut Anang, petugas TransJakarta sudah dilatih mengenai perubahan-perubahan yang akan terjadi begitu tarif terintegrasi mulai diterapkan.

"Begitu juga petugas kita sudah kita training untuk mengetahui perubahan-perubahan yang akan terjadi apabila tarif terintegrasi itu dilaksanakan," tutur dia.

Kendati demikian, Anang belum dapat memastikan kapan mulai diterapkannya tarif terintegrasi antarmoda transportasi publik itu. Dia menyebutkan, pihaknya akan menunggu surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta terkait langkah selanjutnya.

"Kita menunggu surat keputusan Gubernur sebelum melaksanakan itu, dan apa yang kita lakukan tentu menunggu juga koordinasi dengan layanan moda lainnya karena terintegrasi, jadi nggak bisa melakukan (tarif terintegrasi) sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, DPRD DKI Jakarta telah menyetujui usulan tarif maksimal integrasi MRT, LRT, dan TransJakarta sebesar Rp 10 ribu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tarif tersebut segera diatur dalam keputusan gubernur.

"Segera. Karena sudah disetujui DPRD, Pak Gubernur akan menindaklanjuti, nggak lama," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/6).

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta tengah menyusun keputusan gubernur terkait tarif integrasi tiga moda transportasi itu.

"Saat ini untuk tarif terintegrasi, paket tarif integrasi Jaklingko sedang dalam proses penyusunan keputusan gubernur," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Senin (11/7).

"Dan paralel dengan itu juga sedang difinalisasi integrasi di tiga moda, yaitu LRT, MRT, dan TransJakarta," lanjut dia.

Lihat juga video 'Momen Heroik Sopir TransJ Gagalkan Wanita Hendak Bunuh Diri di Jakbar':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT