ADVERTISEMENT

DKI Harap DPRD Setujui Usulan Tarif Integrasi MRT-LRT-TransJ Rp 10 Ribu

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 13:24 WIB
Penumpang menaiki LRT Jakarta di Stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta, Selasa (19/10/2021). PT LRT Jakarta selaku anak usaha PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berharap dengan adanya integrasi tarif antarmoda dengan TransJakarta dapat meningkatkan jumlah warga yang beralih ke angkutan umum. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
LRT Jakarta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Dinas Perhubungan bersama DPRD DKI Jakarta bakal mengadakan rapat kembali membahas tarif integrasi transportasi. Rapat digelar besok bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta.

"Untuk tarif integrasi tentu saat ini pak gubernur sudah mengusulkan ke dewan terkait persetujuan. Prosesnya saat ini sedang dilakukan pembahasan secara intens dan maraton dengan Komisi B dan Komisi C," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa (22/3/2022).

Syafrin menuturkan pembahasan mengenai tarif integrasi antara eksekutif dan legislatif terus dilakukan secara intens. Melalui pertemuan besok, DPRD segera menyetujui tarif integrasi MRT-LRT-TransJakarta itu yang diusulkan Gubernur Anies Baswedan.

"Setelah pembahasan itu, tentu kita harapkan disegerakan untuk mendapatkan rekomendasi terkait dengan persetujuan penetapan tarif terintegrasi yang ditetapkan oleh Keputusan Gubernur," ujarnya.

Syafrin juga percaya melalui integrasi masyarakat bisa menghemat ongkos transportasi. Sebab, masyarakat bisa mendapat diskon ketika menaiki lebih dari 1 mode transportasi.

Tak hanya itu, pihaknya juga menilai upaya ini bisa mendorong masyarakat beralih dari kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum.

"Jika mereka menggunakan 1 mode saja bayar seperti biaya (TransJakarta) Rp 3.500, kemudian naik mode kedua misal MRT Rp 14 ribu sehingga dia harus keluar Rp 17.500, maka dengan tarif terintegrasi yang diusulkan Pak Gubernur, tarifnya bahkan mendapatkan diskon menjadi 10 ribu," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta menargetkan tarif integrasi transportasi ditetapkan bulan ini. Nantinya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menerbitkan keputusan setelah besaran tarif ditetapkan.

"Sesuai time line tarif integrasi mulai Maret ini karena seluruh perangkat sudah siap," kata Syafrin Liputo saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/3).

DKI sendiri telah mengusulkan tarif integrasi sebesar Rp 10 ribu untuk tiga moda transportasi, yaitu TransJakarta, LRT, dan MRT. Saat ini prosesnya sedang menunggu persetujuan dari DPRD DKI Jakarta.

Lihat juga video 'Menjajal Kembali MRT Setelah Kapasitas Penumpang Kini Boleh Full 100%':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT