ADVERTISEMENT

Hore! Berkat Sahabat Baik, Fitiriani Punya Kaki Palsu hingga Toilet Baru

TIm berbuatbaik.id - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 13:32 WIB
Fitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet Baru
Fitriani / Foto: Dok. berbuatbaik.id
Jakarta -

Masih ingat dengan Fitriani? Fitriani adalah bocah 8 tahun yang sehari-hari penuh semangat meski kondisinya tak memiliki kaki dan telapak tangan. Berkat Sahabat Baik, Fitriani kini bisa tersenyum lebih lebar dengan kaki palsu yang baru.

Beberapa waktu lalu, tim berbuatbaik.id bersama Orthocare Indonesia mendatangi rumahnya di Polewali Mandar, Sulawesi Barat beberapa waktu lalu. Dengan penuh perhatian, Fitriani tak sabar melihat hadiah yang dibawa tim.

Saat dibuka, ada sebuah kaki palsu yang memang menjadi kebutuhan anak kelas 1 ini. Masih dengan air muka ingin tahu, Fitriani lalu dipasangkan satu per satu komponen kaki palsu, berupa kain lalu disambung lagi dengan kaki palsu yang mirip seperti robot ini.

Kemudian, Fitriani pun tak sabar mencoba berjalan. Dengan perlahan namun pasti, Fitriani berjalan mantap tanpa terjatuh. Awalnya dia tampak tegang, namun lama kelamaan Fitriani semakin terbiasa bahkan kadang ingin berjalan lebih cepat.

"Senang, sudah bisa main dengan teman-teman, bisa sekolah gak digendong mamak, mau belajar bengkokkan kaki, terima kasih berbuatbaik.id, Fitri senang punya kaki bisa jalan sendiri," ucapnya.

Sebagai informasi, latihan berjalan ini perlu terus dilakukan agar dia terbiasa, apalagi lokasi rumah Fitriani bukan tanah yang datar. Pihak Orthocare selaku distributor kaki palsu pun mengingatkan keluarga agar bisa membantu Fitriani berlatih.

"Ini pentingnya latihan setiap hari ya," saran perwakilan Orthocare kepada keluarga Fitriani.

Fitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet BaruFitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet Baru Foto: Dok. berbuatbaik.id

Dalam belajar berjalan ini, Fitriani dibantu relawan berbuatbaik.id hingga teman-temannya. Fitriani pun semringah dan berjanji akan terus memperlancar jalannya dengan kaki palsu ini.

"Alhamdulilah sudah ada kakinya bisa bagus jalan di situ, dulu ke sekolah harus digendong," ungkap sang ibu, Ida senang.

Tak lama kemudian, Tim berbuatbaik.id kembali menyambangi rumah Fitriani di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kedatangan tim kali ini berbeda dari sebelumnya yang membawa kaki palsu untuk Fitriani.

Pada kesempatan ini, tim berbuatbaik.id sengaja membawa banyak rupa hadiah untuk Fitriani yang memang sedang di usia senang bermain. Oleh karena itu, tim pun ingin membahagiakan Fitria dengan membelanjakan sisa donasi untuk mainan, peralatan sekolah, barbie, baju baru yang hampir semuanya berwarna pink, warna kesukaan Fitriani. Tak ketinggalan aneka sembako untuk sang ibu yang belakangan diketahui ditinggal suami bekerja ke Kalimantan.

Sesuai permintaan keluarga Fitriani membelanjakan material untuk membangun kamar mandi untuk keluarga ini. Diketahui, keluarga Fitriani tidak mempunyai kamar mandi sehingga harus ke tempat yang jauh untuk sekadar mandi dan cuci.

Fitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet BaruFitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet Baru Foto: Dok. berbuatbaik.id

Perjalanan pun dimulai dari Jakarta terbang ke Makassar, lalu menempuh kurang lebih 7 jam untuk mencapai pelosok Polewali Mandar. Namun tak sampai situ saja, perjalanan menuju rumah Fitriani sungguh menempuh jalur darat yang sulit dan jauh. Rumah Fitriani tidak bisa ditempuh dengan roda empat. Tim harus meminjam motor dan melewati terjalnya jalan dengan bantuan perangkat desa, Bhabinkamtibmas, hingga warga sekitar. Bahkan sempat beberapa kali perjalanan tersendat karena jalur yang benar-benar tidak rata serta bersisian dengan tingginya jurang.

Namun sulitnya perjalanan menuju rumah Fitriani tidak menyurutkan semangat tim berbuatbaik.id untuk menyalurkan bantuan hingga akhirnya tim berhasil mencapai Desa Taramanu Tua , tempat tinggal Fitriani. Menyambangi Fitriani di rumahnya, gadis tanpa telapak tangan dan kaki ini tampak malu-malu menyapa tim berbuatbaik.id

Wajahnya langsung berubah senang ketika tim membuka semua hadiah untuk Fitriani, apalagi ada barbie yang benar-benar membuat Fitriani takjub sekaligus penasaran. Teman-teman Fitriani pun berdatangan dan mulai mengerubungi Fitriani untuk bermain bersama. Sementara sang ibu yang juga mendapat berkah dari donasi berbuatbaik.id mengucapkan banyak terima kasih kepada para sahabat baik.

"Iya terima kasih, senang bisa dibantu," ucap Ida, ibu Fitriani kepada tim berbuatbaik.id

Hal serupa juga disampaikan kepada Bhabinkamtibmas, Kompol Solihin yang juga menjadi relawan berbuatbaik.id.

"Terima kasih sebelumnya kepada tim berbuat baik yang telah bertemu dengan Fitriani sekeluarga dan sudah peduli dengan adik kita, Fitriani. Seperti kita sudah pahami dengan keadaan seperti ini tim berbuatbaik.id sudah peduli," jelasnya.

Fitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet BaruFitriani Bocah Tanpa Kaki Dapat Kaki Palsu dan Toilet Baru Foto: Dok. berbuatbaik.id

Senyum bahagia Fitriani tak lepas dari kebaikan hati sahabat baik. Tentunya segala kebaikan ini akan menjadi berkah dan jalan menuju kebaikan yang berlipat untuk sahabat baik. Kendati demikian, masih banyak anak-anak seperti Fitriani lainnya yang membutuhkan pertolongan sahabat baik.

Jangan biarkan mereka bersedih hati, terus berikan kebaikan dengan Donasidi berbuatbaik.id. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial,#sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

(imk/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT