Sosok Fitriani, Gadis Tanpa Telapak Tangan-Kaki yang Tak Pernah Menyerah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 18:45 WIB
Fitriani, bocah tanpa telapak tangan dan kaki
Fitriani, bocah tanpa telapak tangan dan kaki / Foto: Dok. berbuatbaik.id
Jakarta -

Fitriani tak pernah menyerah meski lahir dengan segala keterbatasan. Ketiadaan telapak tangan dan kaki tak membuat bocah 8 tahun ini selalu tergantung pada orang lain.

Walau tak punya kaki dan tangan yang sempurna, tapi soal kemandirian, bocah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat tersebut begitu jempolan. Dia sering membantu orangtuanya bersih-bersih hingga cuci piring.Walau begitu, tak pernah satu haripun Fitriani ditinggal sendirian.

"Takut kalau dia ditinggal sendiri di rumah. Nggak mau dia sendiri.Ya iya harus ditemani itu Fitri. Nggak mau sendiri di rumah. Temani aja. Kalau pergi bapaknya, aku di sini. Pergi saya, bapaknya di sini," ungkap ibunda Fitriani, Ida kepada relawan berbuatbaik.id beberapa waktu lalu.

Walau gerak terbatas, Fitriani tak malas bersekolah. Menurut penuturan gurunya, Hasdiana, anak muridnya ini riang bermain dengan teman-temannya dan semangat ke sekolah.

"Fitriani itu anak yang pintar, rajin sekolah, pintar bertanya, rajin bicara di kelas. Pokoknya pintar," sebut Hasdiana.

Guru kelas 1 ini juga begitu sayang dengan Fitriani. Bahkan kadang-kadang temannya juga ikut pulang menggendong Fitriani.

"Kadang kalau beli kue, nggak bisa bukanya. Saya bukakan. Biasa saya menangis. Ya Allah semangatkanlah dia. Jika ada jatuh pensilnya, langsung berlomba lomba kasihan temannya dipungutkan. Disayang semua sama temannya di kelas. Disayang semua," sambungnya lagi.

Fitriani, bocah tanpa telapak tangan dan kakiFitriani, bocah tanpa telapak tangan dan kaki Foto: Dok. berbuatbaik.id

Walau terlahir tidak sempurna, tapi senyum Fitriani tetap melukis parasnya yang manis. Seolah memperlihatkan betapa tegarnya gadis kecil ini. Menurut keluarganya, Fitriani kini butuh kaki palsu agar membantunya semakin mandiri dan tak lagi bersedih hati.

Kini hanya dukungan dari#sahabatbaik yang bisa memberikan banyak jalan masa depan untuk Fitriani. Kamu bisa menyisihkan sebagain rezekimu untuk membantu Fitriani lewat berbuatbaik.id.

Caranya yaitu dengan klik LINK DONASI BERIKUT INI.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial,#sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi#sahabatbaik dengan#berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Simak juga 'Kisah Pedagang Asongan Difabel, Berkilau di Lintasan Renang':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)