Jembatan di Lebak Rusak, BPBD Turunkan Perahu Karet untuk Anak Sekolah

ADVERTISEMENT

Jembatan di Lebak Rusak, BPBD Turunkan Perahu Karet untuk Anak Sekolah

Fathul Rizkoh - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 16:11 WIB
BPBD Lebak Turunkan Perahu Karet untuk Nyeberang Anak Sekolah
BPBD Lebak Turunkan Perahu Karet (Foto: Dok BPBD Lebak)
Lebak -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak menurunkan perahu karet untuk akses anak sekolah menyeberang Sungai Ciberang di Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten. Hal ini karena jembatan gantung di atasnya rusak sejak 28 Juli lalu.

"Satu perahu karet kami turunkan agar warga dan anak sekolah yang hendak menyeberang tidak menggunakan rakit," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama kepada detikcom, Kamis (4/8/2022).

Febby mengatakan perahu karet disiagakan hingga jembatan gantung diperbaiki. Diperkirakan perbaikan jembatan memakan waktu kurang lebih satu bulan.

"Kami prediksi satu bulan. Jadi selama itu perahu karet akan tetap di sana. Kami juga akan tetap memonitor kondisi di lapangan. Untuk petugas penyeberangan, kami serahkan kepada warga," tuturnya.

BPBD Lebak Turunkan Perahu Karet untuk Nyeberang Anak SekolahBPBD Lebak menurunkan perahu karet untuk anak sekolah. (Foto: dok. BPBD Lebak)

Lebih lanjut Febby mengklaim perahu karet lebih aman dibandingkan rakit. Anak sekolah bisa berpegangan pada badan perahu dan tidak khawatir basah.

"Lebih aman, mereka bisa berpegangan. Kalau di rakit kan nggak ada pegangan. Kemungkinan basah juga ada kalau pakai rakit. Jadi insyaallah lebih aman," jelasnya.

Sebelumnya, jembatan gantung di Sungai Ciberang, Kampung Cuping, Desa Haur Gajrung, Cipanas, Lebak, Banten, rusak. Kondisi ini membuat siswa sekolah dasar (SD) harus menggunakan rakit untuk menyeberangi sungai saat berangkat dan pulang sekolah.

Disebut, tali jembatan putus sejak 28 Juli lalu. Kondisi ini menyulitkan warga karena jembatan adalah akses penghubung bagi Kampung Cuping ke Kampung Nanggerang.

"Setiap hari lewat sini (jembatan), tapi karena kan jembatannya rusak Minggu kemarin jadi mau nggak mau naik rakit," kata siswa SDN 2 Haur Gajrung, Iroh, kepada awak media di lokasi, Rabu (2/8).

Simak juga 'Jembatan Putus, Pelajar di Garut Terpaksa Naik Perahu Karet ke Sekolah':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT