ADVERTISEMENT

Analisis Pakar ITB soal Ponsel Meledak Tewaskan Bocah SD Ciamis

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 16:02 WIB
Ponsel meledak yang tewaskan bocah Ciamis
Ponsel meledak yang menewaskan bocah Ciamis. (Dadang Hermansyah/detikJabar)
Bandung -

Bocah SD di Ciamis, Jawa Barat, IHM (9), meninggal dunia akibat luka bakar di bagian dadanya setelah ponsel yang digunakannya meledak. Kepala Pusat Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) Adi Indrayanto mengatakan peristiwa nahas itu terjadi akibat adanya kebocoran pada baterai ponsel yang sedang digunakan.

"Itu bukan meledak sebenarnya. Baterainya kan kembung, kalau baterai kembung itu ada kebocoran harusnya enggak boleh dipakai. Biasanya kalau baterai kembung itu udah lama atau baterai bekas untuk baterai kembung itu kalau dicas makin kembung," kata Adi saat dikonfirmasi detikJabar, Kamis (4/8/2022).

Adi memperkirakan baterai yang sudah kembung kemudian tetap dicas akan membuat baterai bisa menekan komponen lain di dalam ponsel, seperti motherboard dan LCD.

Ia menjelaskan, karena terus tertekan, komponen di ponsel akan 'meledak'. Namun meledak yang dimaksud Adi bukan seperti ledakan petasan, apalagi bom. Dari ledakan itu juga memungkinkan menimbulkan percikan api yang membuat motherboard menjadi korslet.

"Nah, kalau kembung kan pasti nekan ke motherboard sama LCD kan, jadi pecah, nggak meledak kayak petasan. LCD pecah kan sirkuitnya sama motherboard-nya itu korslet dan terjadi terbakar ya, tapi nggak meledak kayak bom gitu," ujarnya.

Dari informasi yang ia dapat, posisi ponsel saat kejadian ada di bawah tubuh korban alias ditindih. Itulah sebabnya, kata Adi, bocah IHM meninggal dunia dan mengalami luka bakar pada bagian dada. Soal posisi korban yang ditemukan tewas dalam posisi telungkup dengan ponsel di dada pun dikonfirmasi oleh Kepala Desa Kiarapayung.

"Kayaknya posisinya ini terjadi pada saat dia (korban) ketiduran tertelungkup. Makanya harus lihat hasil polisi dulu. Kalau lihat ceritanya kan tertelungkup dan HP di bawah badan, jadi bisa jadi ketiduran. Kalau nggak ketiduran, pasti kaget dong dia lagi maen tiba-tiba LCD pecah refleks melempar HP," ungkapnya.

Baca selengkapnya di sini.

Simak Video 'Bocah SD di Ciamis Tewas di Rumahnya Diduga Karena Ponsel Meledak':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT