ADVERTISEMENT

Jenderal Andika Mutasi 113 Perwira Tinggi TNI, 3 Pangdam Diganti

Indra Komara - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 13:35 WIB
Korphaskas TNI AU berubah nama menjadi Kopasgat di bawah kepemimpinan Panglima Jenderal Andika Perkasa. Perubahan tersebut tentunya punya makna dan tujuan tersendiri.
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi jabatan perwira tinggi (Pati). Total ada 113 pati yang dimutasi.

Mutasi jabatan ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI No. Kep/700/VII/2022. Keputusan itu ditetapkan 29 Juli 2022.

"Keputusan Panglima TNI tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang namanya tersebut pada lampiran keputusan ini dari jabatan lama seperti tercantum dalam kolom 5 dan pengangkatan dalam jabatan baru seperti tercantum dalam kolom 6, terhitung mulai tanggal seperti tercantum dalam kolom 7," demikian bunyi salinan keputusan tersebut, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (4/8/2022).

Dalam Keputusan Panglima TNI, ada tiga pangdam yang dimutasi. Yakni Kas Kogabwilhan II Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa akan menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih, Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam Mayjen TNI Hilman Hadi ditunjuk sebagai Pangdam III/Sriwijaya, dan Danpussenarmed Kodiklatad Mayjen TNI Totok Imam menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin.

Lalu Mayjen NTI Teguh Muji Angkasa dari jabatan Pangdam XVII/ Cenderawasih menjadi Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad). Kemudian Kadispenad dijabat oleh Kolonel Arh Hamim Tohari. Sebelumnya Kadispenad diisi oleh Brigjen TNI Tatang Subarna. Tatang kini menjabat Danrem 064/MY(Serang) Kodam III/Slw.

Hamim Tohari sempat mendapat teguran dari Jenderal Andika karena dinilai main ponsel saat rapat daring pada awal Desember 2021. Saat itu Hamim menjabat Kepala Staf Korem (Kasrem) 174/ ATW Merauke.

Selain Hamim, Pangdam XVII/Cenderawasih, yang saat itu dijabat Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, dan Danrem 174/ ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko juga ditegur.

Selanjutnya ada Komandan Lanud Iswahjudi akan dijabat Marsekal Pertama Irwan Pramuda yang sebelumnya menduduki posisi Komandan Operasi Sektor (Dankosek) II Koopsud II.

Lihat juga video 'Polri soal Mutasi Adik Brigadir J: Kemauan Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT