ADVERTISEMENT

Istri Diduga Dipaksa Lahiran Normal, Suami Polisikan RSUD Jombang

Tim detikJatim - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 11:55 WIB
Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Giadi Nugraha
Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Giadi Nugraha (Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten eksplisit tentang perundungan ekstrem yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika mengalami kecemasan dan meminta bantuan profesional.


Kasus persalinan Rohma Roudotul Jannah (29) di RSUD Jombang yang berakhir bayinya meninggal memasuki babak baru. Suami Rohma, Yopi Widianto (26), melaporkan RSUD Jombang, yang diduga memaksa istrinya lahiran normal ke polisi.

Dilansir detikJatim, Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Giadi Nugraha mengatakan penyelidikan kasus kematian bayi di RSUD Jombang ini digelar mulai Selasa (2/8). Sebab, sehari sebelumnya, Senin (1/8) sore, suami Rohma, Yopi, melapor ke SPKT Polres Jombang.

"Yang dilaporkan Pasal 359 KUHP, UU Kesehatan, UU Tenaga Kesehatan, dan UU Perlindungan Konsumen," kata Giadi kepada wartawan di kantornya, Jalan KH Wahid Hasyim, Selasa (2/8/2022).

Giadi menjelaskan kasus persalinan Rohma yang berakhir bayinya meninggal di RSUD Jombang bukan tergolong delik aduan. Artinya, pihaknya bisa melakukan penyelidikan meskipun Yopi tidak melapor ke Polres Jombang, sehingga penyelidikan tetap berjalan meski Yopi mencabut laporannya.

"Kasus ini bukan delik aduan. Tanpa ada laporan pun kami bisa melakukan penyelidikan. Tidak berpengaruh (kalau laporan dicabut)," tegasnya.

Giadi mengatakan pihaknya menjadwalkan pemeriksaan para saksi dalam kasus ini. Mulai para tenaga kesehatan di RSUD Jombang maupun Puskesmas Sumobito yang menangani Rohma, korban, hingga saksi-saksi terkait lainnya. Keterangan para saksi tentu saja akan dituangkan dalam berita acara.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Bayi Ini Kembali ke Pangkuan Ibunda Usai Dibawa Kerabat dari Lahir':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT