3 Orang Massa Aksi Mogok Pariwisata Labuan Bajo Dibekuk, 1 Jadi Tersangka

ADVERTISEMENT

3 Orang Massa Aksi Mogok Pariwisata Labuan Bajo Dibekuk, 1 Jadi Tersangka

Antara - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 11:28 WIB
Para pelaku pariwisata di Labuan Bajo menggelar aksi bersih-bersih dan pungut sampah di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT, Senin (1/8/2022) siang. Suasana menjadi tegang ketika aksi tersebut dibubarkan aparat bersenjata.
Para pelaku pariwisata di Labuan Bajo menggelar aksi bersih-bersih dan pungut sampah di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT, Senin (1/8/2022) siang. (Istimewa)
Labuan Bajo -

Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menetapkan satu orang sebagai tersangka dalam kasus gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dari tiga orang (yang ditahan), satu orang ditetapkan sebagai tersangka," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto dalam konferensi pers di Mapolres Manggarai Barat, Labuan Bajo, seperti dilansir, Selasa (2/8/2022) sore.

Penetapan tersangka dengan inisial RT tersebut didasari barang bukti berupa pesan lisan yang disampaikan melalui unggahan video dan pesan tertulis yang dinyatakan melalui kesepakatan yang dibuat oleh asosiasi pelaku pariwisata tersebut.

Dalam kesepakatan itu, jelas Felli, asosiasi akan melakukan pembakaran, walaupun yang bersangkutan menyebut telah meralat pernyataan kesepakatan itu.

Tersangka dikenai UU Nomor 1 Tahun 1946 Pasal 14 tentang Peraturan Hukum Pidana atau pasal 336 ayat 1 dan 2 KUHP tentang kejahatan yang menimbulkan bahaya umum bagi keamanan orang atau barang.

"Ancaman maksimal 10 tahun," kata Felli.

Polres Manggarai Barat sebelumnya mengamankan tiga aktivis pariwisata dalam aksi mogok yang berkaitan dengan penghentian layanan pariwisata oleh sejumlah pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Senin (1/8) siang.

Ketiga aktivis pariwisata diamankan oleh polisi pada pukul 14.00 Wita berkaitan dengan tindakan pengamanan dan perlindungan obyek vital di Labuan Bajo, yakni Bandara Komodo.

Dari tiga orang yang ditahan, penetapan dua orang lain aktivis berinisial ET dan L sebagai tersangka masih bergantung pada hasil pemberkasan selanjutnya. Sedangkan satu orang lagi berinisial AH tengah dalam proses pencarian oleh pihak kepolisian.

Dalam kasus ini, dua saksi telah diperiksa. Selanjutnya untuk menjaga kamtibmas, massa aksi sebanyak 40 orang wajib lapor ke Polres Manggarai Barat sebagai konsekuensi hukum yang harus dilaksanakan guna menjaga ketertiban.

Dia menambahkan, dalam proses penyidikan, pihaknya akan menindaklanjuti pemanggilan dan pemenuhan saksi-saksi lainnya.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda NTT Kombespol Patar Silalahi mengatakan kasus tersebut masuk dalam kasus kriminal umum. Nantinya proses penyidikan tetap berlangsung di Polres Manggarai Barat dan dibantu dari Polda NTT.

Simak video 'Tanggapan Sandiaga soal Aksi Mogok di Labuan Bajo Berujung Ricuh':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT